by

Imron: Tak Ada Tugas Khusus untuk Wabup

KABUPATEN CIREBON, SC- Bupati Cirebon, H Imron, MAg bersama Wakil Bupati, Hj Wahyu Tjiptaningsih memimpin rapat kerja yang dihadiri Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, Senin (15/2/2021).

Rapat yang digelar di ruang Nyi Mas Gandasari, Setda Kabupaten Cirebon tersebut, merupakan rapat kerja perdana bagi Ayu –sapaan akrab Wahyu Tjiptaningsih—pascadilantik sebagai Wakil Bupati Cirebon, Rabu (10/2/2021) lalu. 

Bupati mengatakan, rapat kerja tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan mengenalkan Wakil Bupati Cirebon yang baru sekaligus untuk menyinkronkan dengan kinerja SKPD.

“Namanya juga orang baru maka kita yang memiliki adat ketimuran harus tetap memperkenalkan bahwa Ibu Wahyu Tjiptaningsih (Ayu) menjabat sebagai Wakil Bupati Cirebon,” kata Imron di hadapan SKPD.

Imron mengatakan, dengan adanya Wakil Bupati Cirebon ini setidaknya bisa membantu program kerja bupati di masa pandemi ini.

“Saya mengajak Ibu Ayu bersama dengan SKPD untuk ikut berperan dalam memulihkan semua sektor terutama di masa pandemi ini,” ujarnya.

Menurut Imron, tidak ada pembagian tugas atau tugas khusus yang akan dijalani Wakil Bupati baru ini. Tapi, pembagian tugas akan dilakukan dengan melihat situasi dan kondisi alias sikon. Imron ingin semua mengalir dengan sendirinya, sehingga nantinya tidak kaku.

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsing, mengatakan, dengan jabatan barunya ini akan bekerja secara profesional untuk membantu tugas Bupati Cirebon. Sebagai Wakil Bupati, kata Ayu, tugasnya adalah membantu pekerjaan Bupati.

“Karena wilayah Kabupaten Cirebon ini sangat luas. Bupati pernah bilang dia tidak mungkin bisa bekerja sendirian dengan wilayah yang sangat luas.  Sehingga dalam hal ini tupoksi Wakil Bupati sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2004 yaitu membantu pekerjaan Pak Bupati,” kata Ayu.

BACA JUGA: Ayu Bantah Ada Intervensi

Ia memastikan, kewenangan Wakil Bupati tidak akan melebihi kewenangan Bupati. Karena, semua kebijakan ada di tangan Bupati.

“Jabatan Bupati maupun Wakil Bupati itu jabatan politis. Tugas kita mambantu program pemkab yang di dalamnya ada SKPD. Semua itu bertujuan agar bisa berjalan dengan baik serta bisa menyejahterahkan warga Kabupaten Cirebon. Evaluasi saya, adalah bagaimana Kabupaten Cirebon ke depan terlepas dari KKN,” ujarnya.

Dengan adanya pertemuan tersebut, dirinya bisa mengajak para pimpinan SKPD untuk bersama-sama membangun Kabupaten Cirebon. (Islah)

Comment