by

Masyarakat Bandel Buang Sampah Sembarangan

KOTA CIREBON, SC- Pascanormalisasi Kali Cipadu di RT 9 RW 6 Kampung Cangkol, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, masih didapat masyarakat yang bandel dengan membuang sampah sembarangan ke sungai. Akibatnya, muara Kali Cipadu di tepi laut Cirebon dipenuhi sampah. Padahal, pemerintah sudah menyediakan tempat pembuangan sampah (TPS) khusus bagi warga setempat.

Warga setempat, Asih mengatakan, alih-alih ingin merasakan kebebasan dari bau udara kotor karena sampah, namun kenyataannya dia harus menjalani hari-harinya dengan aura tak sedap. Diakui Asih, sampah tersebut bukan hasil pembuangan dari warganya, akan tetapi itu merupakan limpahan dari warga luar kampung.

“Sampah belum habis-habis, selalu ada kiriman sampah. Soalnya ada orang-orang yang bandel membuang sampah sembarangan. Dari hulunya yang buang sampah ke kali, diperingati sudah, sungai sudah dikeruk, tapi gini-gini saja,” ujarnya kepada Suara Cirebon di sela-sela kegiatannya, Senin (15/2/2021).

Menurut Asih, untuk warga setempat sudah tertib dan kooperatif dengan membuang sampah pada TPS yang sudah disediakan oleh pemerintah. Ia kesal dengan orang lain yang hanya bisanya membuang sampah di kali tersebut.

“Kalau masyarakat sini tidak membuang sampah sembarangan di sini, tertib buangnya ke tempat sampah yang sudah disediakan. Ini kiriman dari Kota, dari Jagasatru,” paparnya kepada Suara Cirebon.

BACA JUGA: Ratusan Hektar Padi Terancam Gagal Panen

Di tempat yang sama, salah seorang warga, Idah juga mengatakan, meskipun masih kedapatan sampah di sekitar rumahnya di tepi laut Cirebon atau muara kali Cipadu itu, dirinya justru bersyukur karena kampungnya itu tidak terjadi banjir.

“Alhamdulillah tidak jadi banjir, cuman paling banyak nyamuk. Kalau mau ngeluh tapi ngeluh ke siapa, Alhamdulillah pemerintah mau turun ke sini mengeruk kali ini, merhatiin kampungnya. Meskipun masyarakat sini juga turut mengeruk kali secara manual,” tuturnya.

Idah menambahkan, dirinya berharap ke depannya lingkungan bisa bersih lagi seperti semula, tidak ada sampah sembarangan di mana-mana. (Yusuf)

Comment