by

Rektor IAIN Cirebon Lantik SEMA dan DEMA

CIREBON, SC- Senat Mahasiswa Institut (SEMA I) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA I) IAIN Syekh Nurjati Cirebon dilantik dan dikukuhkan oleh rektor kampus setempat, Dr H Sumanta MAg di lantai 3 gedung rektorat, Senin (15/2/2021).

Kegiatan yang bertemakan “Mewujudkan Kepemimpinan yang Antusias, Responsif dan Berintegritas, Leadership is Action Not Position” itu turut dihadiri oleh Wakil Rektor III IAIN Syekh Nurjati Cirebon Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr H Ilman Nafian MAg, perwakilan sivitas akademika lainnya, jajaran pengurus SEMA I dan DEMA I, serta seluruh panitia pemilihan mahasiswa institut (PPMI).

Ketua SEMA I terpilih periode 2021-2022, Muhammad Akrom mengatakan, pasca dilantik dan dinyatakan sah menjadi pengurus SEMA I, dirinya menaruh semangat dan harapan baru untuk menahkodai kepengurusan SEMA I dalam berkhidmat pada kampusnya itu.

“Yang akan diprioritaskan dalam progam kerja SEMA I yakni membuat produk hukum dan Undang-Undang untuk memfasilitasi seluruh organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di kampus dan menjembatani berbagai aspirasi mahasiswa, serta tanggap dalam bermedia,” paparnya kepada Suara Cirebon, Senin (15/2/2021).

Akrom berharap, pihaknya diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan program kerja selama satu periode ke depan. Yang terpenting, sambung dia, sesama anggota pengurus SEMA I harus bisa bertanggung jawab serta sadar akan fungsi legislasi di kampus tersebut.

Sementara itu, Ketua DEMA I terpilih periode 2021-2022, Rhio Maheso Jenar mengatakan, dirinya akan bertanggung jawab dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya selama satu periode ke depan. Ia pun menaruh semangat yang tinggi untuk bisa memberikan berkontribusi yang besar pada kampusnya itu.

“Sektor yang akan difokuskan DEMA I IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam program adalah peningkatan teknologi dan peningkatan potensi mahasiswa,” ujarnya.

Terlebih, jelas Rhio, melihat kondisi saat ini masih dalam pandemi Covid-19, sehingga pihaknya harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Untuk itu, kata dia, pihaknya perlu meningkatkan potensi dengan terus berinovasi dan dapat menguasai teknologi. Sehingga mahasiswa mampu berkompetisi dengan perkembangan zaman.

Rhio berharap, sebagai lembaga eksekutif, pihaknya ingin memfasilitasi mahasiswa IAIN Cirebon. Selain itu, juga mampu meningkatkan daya saing mahasiswa kampus setempat, baik di tingkat internal maupun eksternal.

Dalam kesempatan itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta MAg menyampai ucapan selamat kepada jajaran pengurus SEMA I dan DEMA I yang telah resmi dilantik. Selain itu, dia juga mendukung penuh setiap program kerja yang sudah dicanangkan oleh jajaran pengurus.

BACA JUGA: IAIN Cirebon Lolos Jadi UIN

Sumanta juga berharap, SEMA I dan DEMA I dapat bersinergi dengan pihaknya dalam mewujudkan proses transformasi alih status dari IAIN menjadi UIN. Menurutnya, hal itu menjadi bagian dari tanggung jawab mereka.

“Dan mengenai prestasi di wilayah organisasi mahasiswa juga perlu, untuk menunjang bahwasanya SEMA I dan DEMA I bisa mendukung proses alih status IAIN jadi UIN,” tutupnya. (Yusuf)

Comment