by

Cikaso Dongkrak Potensi Wisata

KUNINGAN, SC- Geliat pembangunan di Desa Cikaso, Kecamatan Karamatmulya terus mengalami kemajuan. Hal itu telah dibuktikan dengan banyaknya sarana prasarana serta potensi desa yang telah dikelola dengan baik oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Cikaso, tentunya tidak terlepas dari sosok Hidayat, SE., M.Si., sebagai kepala desa sekaligus motor penggerak kemajuan Cikaso.

Meski kepemimpinannya dibilang baru seumur jagung, namun, berbagai terobosan telah ia lakukan dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya mulai dari insfrastruktur, program pemberdayaan masyarakat yang kini dampaknya telah dirasakan warga.

Bahkan, melalui semangat dan tangan dinginnya, ia terbukti mampu menyulap Desa Cikaso menjadi desa gemilang dengan segudang prestasi dan potensi, dimana salah satunya dari sektor pariwisata.

Ditemui di ruang kerjanya, pensiunan PDAM Kuningan yang kini menjabat Kades Cikaso, Hidayat, mengatakan, berbagai gebrakan telah ia torehkan dalam upaya mengembangkan kemandirian dan kemajuan desanya. Salah satunya dari sektor pariwisata, bahkan berkat tangan dinginnya salah satu potensi pariwisata yang ada di desanya yaitu Wisata Alam Sawah Lope kini menjadi destinasi wisata yang cukup dikenal dan viral bagi warga Kuningan hingga luar daerah.

“Awalnya saya menjadi kepala desa karena termotivasi untuk memajukan desa. Dan berkat dorongan yang kuat dengan potensi yang saya miliki dan jujur saja saya ingin memajukan desa minimal satu periode di bawah kepemimpinan saya, dan alhamdulilah saya telah membuktikan itu walau secara perlahan-lahan. Mudah-mudahan selama lima tahun ini saya terus dekat dengan masyarakat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat,” tutur kepala desa yang aktif di bidang seni ini.

Lebih jauh Hidayat mengatakan, selain wisata, dibawah kepemimpinannya berbagai hasil pembangunan telah ia torehkan, Hidayat menyebut, dari data yang ada, di bawah kepemimpinannya Pemdes Cikaso telah berhasil melaksanakan berbagai pembangunan.

BACA JUGA: Memoles Limbah Jadi Barang Berharga

Di antaranya, dari non APBDEs sebanyak 6 bidang dan dari APBDes sebanyak 7 bidang yang menurutnya keberhasilan tersebut sangat berimbang. Adapaun pembangunannya adalah di sektor pertanian, irigasi, pembangunan jalan poros, penerangan jalan umum dan lain sebagainya.

“Untuk Desa Cikaso sendiri yang paling berpotensi dan terus dibidik yaitu dari sektor wisata sebagai pendongkrak ekonomi masyarakat, dan sampai saat ini saya berjuang terus yang dulunya Cikaso tidak masuk sama sekali wisata dan alhamdulilah sekarang Desa Cikaso sebagai salah satu rintisan Desa Wisata,” katanya.

Hidayat menambahkan, sesuai Visi Misi Desa Cikaso Aman, Sejuk, Indah Kenangan, Tertib, ia berharap dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama memajukan Desa Cikaso, baik aparatur pemerintahan desa dan masyarakat untuk terus bersinergi, karena menurutnya, tanpa adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintahan daerah mustahil kemajuan bisa terwujud. (Aqeel)

Comment