by

Bulan Panutan Pajak Tahun 2021 Dilaunching

KUNINGAN, SC- Launching Bulan Panutan Pajak tahun 2021 ditandai dengan Pembayaran Perdana Pajak PBB-P2 oleh Bupati Kuningan dan Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan H. Dian Rachmat Yanuar, bertempat di Hotel Purnama Mulya Cigugur, Kamis (25/2/2021).

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kuningan Apang Suparman, dalam sambutannya melaporkan, pada anggaran tahun 2020 terus berupaya keras dalam pengamanan realisasi target Pajak Daerah di antaranya, mengoptimalkan kinerja lapangan dengan pemantauan dan pendataan perpajakan secara ekstra, serta penagihan pajak secara aktif dan persuasif termasuk pelaksanaan kebijakan bupati terkait pembebasan denda pajak daerah tahun 2020.

“Dengan berbagai langkah dan upaya yang kita lakukan, alhamdulillah realisasi target pajak daerah dapat kami amankan, sehingga pajak daerah tahun 2020 secara kumulatif dapat tercapai 103%,” ujarnya.

Selain itu, Bappenda juga terus mengembangkan inovasi pelayanan dan pengelolaan perpajakan pengembangan sistem Informasi dan Teknologi (IT).

Menurut Apang, dengan layanan pelaporan dan pembayaran pajak secara online ini sangat relevan dan membantu wajib pajak di masa pandemik Covid-19.

Saat ini pembayaran pajak daerah sudah dapat dilayani melalui layanan secara elektronik dan digital, di antaranya melalui Atm BJB, Aplikasi BJB Mobile, Digi Cash BJB Uang Elektronik/ Qr Code BJB, Aplikasi Pos Giro Mobile, Layanan Pt.Pos, Serta Melalui Indomaret Dan Alfamart, Sehingga Pembayaran Pajak Daerah Dapat Dilayani Secara Optimal Dan Akuntabel.

BACA JUGA: Ribuan Warga akan Terima Bantuan Rutilahu

Disebutkan, pemungutan Pajak Daerah Di Kabupaten Kuningan sendiri, ada satu jenis pajak yang realisasinya tidak terpengaruh secara signifikan oleh pandemik Covid-19, yaitu Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2).

“Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Kabupaten Kuningan pada umumnya memiliki kesadaran yang baik dalam membayar pajak PBB-P2 dengan begitu ini patut menjadi kebanggaan kita selaku wargaKkuningan,” ungkap Kepala Bappenda.

Selanjutnya, dia juga mengajak seluruh masyarakat Kuningan untuk menumbuhkan kesadaran dalam membayar pajak, mulai dari Aparatur Pemerintah Daerah untuk menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat secara luas, sehingga pajak daerah ini dapat direalisasikan dan bertumbuh secara signifikan untuk mendukung keberlangsungan pembangunan. (Aqeel)

Comment