by

Ayu: Jangan Kucilkan Warga Positif Covid-19

KABUPATEN CIREBON, SC– Pandemi Covid-19 bisa menyasar siapa saja tanpa melihat pangkat dan derajat serta strata sosial di masyarakat. Hal itu terbukti dengan kasus positif Covid-19 yang bisa menimpa siapa saja, mulai rakyat jelata hingga pejabat negara bahkan para atlet kenamaan sekalipun. Karenanya, pasien positif Covid-19 tidak boleh dikucilkan, bahkan harus dimotivasi.

Hal itu dikemukakan, Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih, saat melihat langsung kondisi pasien positif Covid-19 di Perumahan Griya Sumber Indah (GSI), Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, dalam kunjungan bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, Kamis (18/2/2021).

Ayu –sapaan akrab Wahyu Tjiptaningsih– mengungkapkan, kunjungan di kelurahan yang masih menyandang status zona merah itu, dimaksudkan, untuk memberikan motivasi kepada masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

“Kita jangan kucilkan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Harus kita berikan motivasi,” kata Ayu usai memberikan bantuan kepada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

BACA JUGA: Waspada, Larva Nyamuk Aedes Mengandung Virus DBD

Dalam kesempatan itu, Ayu juga berkomunikasi langsung dengan tiga kader posyandu yang sedang menjalani isolasi mandiri. Komunikasi tersebut, dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. Kepada para pasien yang masih menjalani isolasi mandiri, Ayu berpesan agar tetap menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat Kelurahan Tukmudal agar mengurangi mobilitas dan memperketat protokol kesehatan. Karena saat ini wilayah Kelurahan Tukmudal masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19,” papar Ayu.

Untuk diketahui, selama pandemi Covid-19 berlangsung, angka kasus penyebaran Covid-19 di Kelurahan Tukmudal mencapai 144 kasus. Sedangkan yang masih menjalani isolasi mandiri atau yang masih aktif positif sebanyak 15 orang, lima pasien di antaranya meninggal dunia. (Islah)

Comment