by

Kerajinan Rotan Dipasarkan hingga Benua Biru

MAJALENGKA, SC- Aneka produk dengan bahan baku rotan yang dihasilkan oleh tangan-tangan perajin Kabupaten Majalengka tak hanya menarik pasar lokal. Bermacam produk kerajinan  rotan yang dihasilkan oleh para perajin Majalengka ini juga telah berhasil menarik perhatian warga dari Negara-negara Eropa. Tak heran bila sampai saat ini kerajinan rotan masih menjadi salah satu andalan perdagangan dan industri Kabupaten Majalengka.

Perajin rotan di Desa Leuwilaja, Kecamatan Sindangwangi, Samsul mengatakan, pesanan hasil kerajinan memang bukan hanya dari daerah di Indonesia. Penjualan kerajinan rotan juga telah  sampai ke luar negara, seperti Spanyol dan dan Jerman untuk di Eropa.

”Sedangkan yang pesanan dari negara di Asia, di antaranya Singapura dan Jepang,” ungkapnya, Selasa (2/2/2021). 

Menurutnya, produk tersebut biasanya dibuat oleh perajin setelah adanya permintaan dari pembeli. Dalam pembuatan barang pesanan tersebut, seringkali bahan baku disuplai oleh pembeli, karena pada umumnya perajin tidak memiliki modal untuk pembelian bahan baku.

“Pembeli inilah yang kemudian menjual produk ke luar negeri. Namun, saat ini pesanan masih sepi, mungkin karena masih pendemi Corona,” tuturnya.

Penjualan hasil kerajinan rotan hingga ke luar negeri diungkapkan juga oleh Anwar. Perajin rotan di Desa Balagedog itu mengatakan, secara kualitas serta varian produk perajin Majalengka tidak kalah dengan daerah lainnya.

BACA JUGA: Terminal Maja Jadi Tempat Parkir Kendaraan Pribadi

Menurut dia, secara kualitas kerajinan rotan yang dihasilkan perajin juga sudah diakui pasar. Sehingga permintaan pasar selalu ada.

”Perajin melakukan inovasi agar hasil produk bisa menarik pembeli lokal ataupun luar negeri,” jelasnya. (Dins)

Comment