by

Kuwu Garda Terdepan Pembangunan

KABUPATEN CIREBON, SC- Bupati Cirebon, H Imron MAg mengukuhkan kepengurusan Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) masa bakti 2021-2024, di Pendopo Bupati, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (17/2/2021).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kuwu merupakan garda terdepan dalam pembangunan masyarakat desa. Para kuwu, lanjut Imron, merupakan elite yang harus mampu mengubah pola pikir masyarakatnya menjadi lebih baik.

“Dalam era globalisasi ini, kami ingin masyarakat Kabupaten Cirebon untuk mengubah mindset-nya, berubah pola pikirnya. Perubahan-perubahan itu bagaimana elite-elite di desanya. Kalau para elite di desanya tidak bisa berubah pola pikir dan mindset-nya, bagaimana masyarakatnya,” kata Imron.

Ia menekankan agar para kuwu menggali potensi yang ada di desanya masing-masing. Imron juga mengingatkan agar kuwu bisa menjali komunikasi dengan semua pihak.

“Saya minta kepada FKKC jalin selalu komunikasi, jalin silaturahmi dengan Forkopimda, SKPD dan lainnya. Agar apa yang akan kelak dilakukan supaya tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua FKKC Kabupaten Muali mengatakan, FKKC merupakan wadah silaturahmi para kuwu se-Kabupaten Cirebon yang bertujuan untuk membangun desa.

“Berawal dari situ bahwa diperlukan wadah untuk saling berkomunikasi atas apa yang dirasakan dan disinergikan antara kuwu dengan Bupati Cirebon dengan tujuan untuk membangun desa,” kata Muali.

Muali mengajak pada kepengurusan yang baru untuk fokus pada perkembangan dan kemajuan desa serta tidak lagi berorientasi pada politik praktis.

“Supaya bisa menjalin hubungan lahir dan batin, kebersamaan adalah hal yang penting,” ujarnya.

BACA JUGA: Bupati: Tugas FKKC Turunkan Level Pandemi

Diakui Muali, kuwu dipilih secara politik melalui pemilihan langsung oleh rakyat desa, tetapi dalam menjalankan tugasnya kuwu tidak boleh bermain politik praktis.

“Jauhi politik praktis, rangkul semua potensi demi kemajuan desa,” pungkasnya.

Hadir dalam pengukuhan itu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kapolres Cirebon Kota, Dandim 0620, Ketua DPRD kabupaten Cirebon dan tamu undangan lainnya. (Vicky)

Comment