by

Revitalisasi Terminal Dukuh Semar Kembali Batal

KOTA CIREBON, SC- Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon memiliki terminal antarangkutan kota (angkot) sepertinya belum dapat terealisai. Pasalnya, sampai tahun ini Terminal Dukuh Semar yang berlokasi tepat di belakang Terminal Tipe A Harjamukti itu, belum direvitalisasi. Terminal tersebut, masih dibiarkan terbengkalai dan terlihat hampir tidak ada aktivitas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Andi Arwaman mengatakan, sejak kepala Dishub Kota Cirebon sebelumnya sampai sekarang ini, rencana revitalisasi terminal Dukuh Semar ini belum juga dapat direalisasikan. 

“Sejak kepala dinas Pak Atang Hasan Dahlan yang sekarang ini kepala disdukcapil, sampai sekarang revitalisasi terminal Dukuh Semar belum dapat terealisasi,” kata Andi Arwaman, saat dihubungi Suara Cirebon, Selasa (16/2/2021).

Dikatakan Andi, sebetulnya pada anggaran tahun 2021 ini, Dishub Kota Cirebon sudah memplot anggaran untuk revitalisasi Terminal Dukuh Semar.

“Mengingat anggaran tidak memungkinkan jadi belum dapat tahun ini,”ujar Andi.

Dikatakan Andi, dikarenakan anggaran yang tidak memungkin. Pihaknya sementara ini, hanya melakukan penghapusan aset seperti bangunan lama.

“Terutama bangunan-bangunan yang sudah lama kita bongkar dulu, yang sementara ini kami melakukan penghapusan aset dulu,” ujar Andi.

Andi, mengungkapkan, terminal milik Pemkot Cirebon ini rencananya akan dijadikan shelter Bus Rapid Transit (BRT) dan sejumlah travel.

“Angkot-angkot nanti shelter-nya di Terminal Dukuh Semar bersamaan BRT dan travel juga, tapi ya bagaiamana lagi, terkena refocusing,” katanya.

BACA JUGA: Pelayanan Terminal Harjamukti segera Dipindah ke Gedung Baru

Mengenai anggaran, Andi mengakui belum dapat menyebutkan total keseluruhan, pasalnya, masih dalam kajian.

“Proses dan kajian tetap berjalan, jadi revitalisasi itu tidak mesti tahun ini berubah, kajian tetap kami lakukan dan itu bagian dari proses,” pungkas Andi. (Surya)

Comment