by

BI Cirebon Ajak UMKM Bangkit dari Pandemi

KOTA CIREBON, SC- Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Cirebon membuka kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 Seri-1 untuk wilayah Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan (Ciayumajakuning) di Gedung Pasanggrahan, Goa Sunyaragi, Kota Cirebon, Rabu (3/3/2021).

Kepala KPW BI Cirebon, Bakti Artanta menuturkan, KKI secara nasional dibuka pada hari ini (kemarin, red) di Lombok. Menurutnya, dari 46 KPW se-Indonesia, BI Cirebon juga diminta untuk membuka KKI untuk wilayah Ciayumajakuning dengan membawa UMKM binaan masing-masing.

“Semua KPW BI hadir secara virtual dalam rangka mendukung karya kreatif Indonesia (KKI), yang sekaligus sebagai gerakan nasional (Gernas) bangga buatan Indonesia (BBI), di mana BI saat ini sebagai penggerak perubahannya,” kata Bakti, saat memberikan sambutan pada kegiatan pembukaan KKI.

Bakti menambahkan, gerakan tersebut tidak salah untuk diadakan saat ini. Pasalnya,  karena di masa pandemi ini, para pelaku UMKM dan pariwasata banyak yang terdampak. Mungkin, katanya, di Cirebon tidak begitu terasa, tapi di kota lain sangatlah terdampak. Oleh karena itu, kata Bakti, gerakan ini sebagai dukungan untuk pelaku UMKM.

“Dan untuk kegiatan ini, pemerintah pusat tidak bisa bekerja sendiri, harus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Untuk menjadi penguat, agar kita bisa bertahan di masa pandemi ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bakti juga menghadirkan 20 pelaku UMKM di kegiatan tersebut, 15 UMKM binaan BI dan 5 UMKM binaan pemerintah daerah setempat. Pada kegiatan itu turut dihadiri oleh beberapa perwakilan dinas, seperti DKOKP, DLH, BJB, anggota DPR RI komisi 8 H Syatori, pihak Keraton Kasepuhan, dan lainnya.

“Kami berharap kepada Pak Gubernur, Pak Menteri, Bu Eti, H Syatori, untuk membeli dan memborong produk mereka,” katanya.

Sementara itu, anggota DPR RI Komisi VIII, H Satori mengatakan, dengan adanya KKI ini, dirinya menyarankan kepada masyarakat Cirebon untuk mendahulukan jual beli produk lokal asli Cirebon. Hal itu dikatakan, agar sektor ekonomi di bidang UMKM dapat meningkat.

“Ini adalah salah satu cara BI untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN). Juga untuk menumbuhkan optimisme dan mendorong sektor usaha agar aktif kembali di masa pandemi. Saya mengutamakan untuk memakai produk lokal Cirebon dulu, dimulai dari kita sendiri, dan harus bangga,” pintanya.

BACA JUGA: Jajaki Kerja Sama, Kadin dan OJK Kota Cirebon Pulihkan Ekonomi Melalui Kebangkitan UMKM

Di kesempatan yang sama, Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati mengucapkan terima kasih kepada BI Cirebon yang telah aktif untuk membantu para pelaku UMKM di Kota Cirebon.

“Terima kasih untuk BI, yang tidak henti mendukung kegiatan UMKMnya, dan kami sebagai pemerintah kota sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Mudah-mudahan BI sebagai motor pada kegiatan ini tidak hanya di Kota Kabupaten, tapi di seluruh Indonesia, gerakan UMKM-nya sangat mendukung,” pungkasnya. (Yusuf)

Comment