by

DPRD-DPR RI Kompak Dorong Pembangunan Tanggul Kalibuntu dan Kaliwadra

KABUPATEN CIREBON, SC- Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Hj Ismiyatul Fatihiyah Yusuf dan anggota DPR RI, Dedi Wahidi serta perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggaraung  bersama-sama meninjau Tanggul Sungai Kalibuntu Pabedilan dan Kaliwadra, Kamis (4/3/2021).

Ismiyatul mengatakan, peninjauan tersebut untuk melakukan perhitungan terkait perencanaan perbaikan pada tanggul tersebut. Ia menyampaikan, peninjauan tersebut sudah dua kali dilakukan. Tim ahli yang mendapat instruksi langsung dari BBWS juga, langsung melakukan peninjauan.

“Tadi ada peninjauan lagi. Sudah dihitung. Kami ingin dua titik ini jadi prioritas pembangunan tahun ini,” kata Ismiyatul Fatihiyah Yusuf, usai peninjauan.

Menurutnya, pada tahun ini, BBWS merencanakan melakukan penanganan di sembilan titik wilayah yang menjadi tanggung jawab BBWS. Meski tak mengetahui titik mana saja yang akan diperbaiki, namun Ismiyatul menegaskan, dua titik yang berada di wilayah timur Kabupaten Cirebon perlu segera dilakukan perbaikan.

Terlebih, lanjut dia, tanggul Kaliwidara yang lokasinya berdekatan dengan akses masyarakat. Sehingga,  ketika tidak segera dilakukan penanganan akan mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kalau tidak diperbaiki, lama-lama bisa mengikis jalan. Bisa putus itu jalannya,” ungkapnya.

Meski jalan yang terancam terkikis itu bukan menjadi akses utama, namun kerap dilewati truk. Mengingat lokasinya berdekatan dengan pabrik. Ketika putus bukan hanya mematikan laju kegiatan masyarakat. Namun juga kegiatan perekonomian industri.

“Jadi efeknya cukup signifikan kalau tidak diperbaiki segera,” ucapnya.

Sementara tanggul Kaliwidara lokasinya berdekatan dengan pemukiman warga. Tanggulnya terkikis. “Makanya ini perlu pengawalan dari kita. Proses pengajuan sudah dilakukan. Sudah tembus juga ke dewan RI. BBWS sudah meninjaunya. Jadi sudah harus diprioritaskan. Jangan sampai terlambat. Nyawa taruhannya. Pemukiman warga sih soalnya,” imbuhnya.

BACA JUGA: Normalisasi Embung dan Irigasi Pertanian di Gegesik Mendesak

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon itu mengaku, hanya bisa mendorong agar hal tersebut diprioritaskan.

“Tadi sih, mereka, timnya itu, akan mengalkulasi. Setelah itu, akan didesain untuk dibangun permanen. Mudah-mudahan sesuai harapan, dibangun tahun ini,” pungkasnya. (Joni)

Comment