by

Kawasan Pesisir Kota Cirebon Rawan Bencana

KOTA CIREBON, SC- Terjangan angin puting beliung memporak-porandakan empat rumah warga di Kampung Cangkol Selatan RT 09 RW 06, Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu (3/3/2021) sore lalu. Atas insiden tersebut, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati didampingi Kepala Dinas Sosial-P3A Santi Rahayu, dan Kepala Bidang Perumahan DPRKP Kota Cirebon, Nanang langsung meninjau ke lokasi.

Eti mengatakan, wilayah pesisir Kota Cirebon memang kerap terkena bencana seperti banjir rob dan angin kencang.

“Secara geografis begitu cepat kena angin dari laut. Tentunya kami Pemkot dan dinas terkait akan membantu, setidaknya dapat mengatasi kesulitan warga, terlebih yang rumahnya terkena angin,” kata Eti kepada wartawan, usai meninjau lokasi empat rumah warga yang rusak akibat terjangan angin putting beliung, Kamis (4/3/2021).

Eti menjelaskan, bantuan bagi rumah ambruk akibat bencana alam merupakan tanggung jawab dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Cirebon.

“Kalau dinas sosial lebih ke bantuan sosialnya. Semoga cepet teratasi dan saya imbau kepada masyarakat agar tetap waspada di saat musim penghujan ini,” kata Eti.

BACA JUGA: Puting Beliung Terjang Permukiman

Sebelumnya, angin puting beliung menerjang kawasan padat penduduk di RT 09 RW 06 Cangkol Selatan, Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Rabu (3/3/2021) sekitar pukul 16.15 WIB.

Detik-detik terjadinya angin puting beliung, sempat diabadikan seorang warga yang diunggah di media sosial dan langsung viral. Dalam video yang diunggah warga dari dekat simpang Jalan Moh Toha dan Jalan Samadikun, Kota Cirebon tersebut, tampak terbentuk pusaran angin yang terjadi perlahan-lahan dengan ekor yang makin mendekati bumi. (Surya)

Comment