by

Pembelajaran di ITB Kampus Cirebon Mulai Agustus

KABUPATEN CIREBON, SC- Pembangunan gedung multi fungsi B Institus Teknologi Bandung (ITB) Kampus Cirebon di wilayah Kecamatan Arjawinangun masih berlangsung. Namun, gedung multi fungsi kampus A tersebut dipastikan sudah bisa dipergunakan untuk kegiatan belajar pada Agustus mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Rektor ITB Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pengembangan, Muhammad Abduh usai menginformasikan progres pembangunan gedung ITB Kampus Cirebon kepada Bupati Cirebon, H. Imron. M.Ag., Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, saat ini pembangunan gedung multi fungsi B sudah mencapai 40 persen. Rencananya, gedung multi fungsi A yang sudah selesai pembangunannya akan segera dipergunakan mulai Agustus mendatang.

“Kita rencanakan semester depan kita buka, sekitar Agustus. Mahasiswanya sudah 600 an lebih,” kata Muhammad Abduh.

BACA JUGA: Hibah Lahan UGJ Tak Bisa Dilanjut

Ia menjelaskan, dari 600 mahasiswa tersebut, tidak semuanya bisa belajar di Kampus Cirebon. Ia memperkirakan, ada beberapa mahasiswa yang sudah tingkat akhir tidak bisa pindah ke Kampus Cirebon. 

Selain membangun dua gedung multi fungsi, pihaknya juga akan membangun sarana prasarana kampus seperti fasilitas belajar mengajar, laboratorium, perumahan dalam bentuk rumah susun (Rusun) atau asrama untuk istirahat para dosen dari Bandung.

“Kan dosen dari Bandung ke sini butuh istirahat juga, jadi rusun sedang kita upayakan, mungkin tahun depan sudah kita bangun,” terangnya.

Dengan adanya kampus ITB di wilayah Kecamatan Arjawinangun tersebut, pihaknya akan mengupayakan agar warga Cirebon banyak yang bisa kuliah di ITB Kampus Cirebon.

BACA JUGA: Fifi Novianty, Alumni IAIN Cirebon Jadi Lulusan Magister Tercepat dan Terbaik di KPI UIN Yogyakarta

“Untuk warga Kabupaten Cirebon itu bagian dari komitmen kami. Tapi istilahnya bukan prioritas, kita mengupayakan supaya warga Cirebon dan Jabar banyak yang bisa kuliah di ITB Kampus Cirebon,” jelasnya. 

Untuk diketahui, ITB Kampus Cirebon memiliki beberapa program studi, di antaranya PWK, Teknik Industri, Kriya, Oceanografi, Tambang, Perminyakan dan Geofisika. (Islah)

Comment