by

5.143 Guru Honorer Ikuti Try Out P3K

KABUPATEN CIREBON, SC- Sebanyak 5.143 calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang merupakan guru honorer di Kabupaten Cirebon, mengikuti simulasi (try out) ujian seleksi P3K yang digelar PGRI Kabupaten Cirebon.

Ketua PGRI Kabupaten Cirebon, Hj Yeyet Nurhayati SPd mengatakan, try out ujian P3K itu digelar di 40 titik sekolah. Menurutnya, pelaksaan try out P3K dilakukan sebagai salah satu ikhtiar PGRI dalam membantu memberikan gambaran, pengetahuan, maupun motivasi kepada guru honorer calon peserta P3K dalam menghadapi ujian nanti. Adapun pelaksanaannya, lanjut Yeyet, dilakukan secara daring.

‚ÄúSimulasi Try Out P3K ini merupakan bagian dari upaya kami dalam meningkatkan harkat, martabat dan kesejahteraan guru honorer,” kata Yeyet, Senin (19/4/2021).

BACA JUGA: 120 SD di Kabupaten Cirebon bakal Dimerger

Yeyet mengatakan, ada 5.143 peserta saat pendaftaran ditutup. Dari jumlah tersebut, kata dia, masih banyak guru honorer yang antusias ingin mendaftar lagi di pendaftaran susulan.

“Banyaknya yang mengusulkan dibuka lagi pendaftaran try out P3K susulan. Kami pun tentu akan membukanya,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua PGRI, Hery Purnama, menyampaikan, pelaksaan try out P3K yang serentak digelar di 40 titik sekolah di masa pandemi ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami harap peserta tetap semangat, sampai dibukanya P3K oleh pemerintah pusat,” ucapnya.

Ia menjelaskan, latihan yang diberikan setidaknya dapat menambah kemampuan dan wawasan bagi tenaga honorer menghadapi seleksi P3K yang diprediksi akan dimulai Mei mendatang.

“Kami berharap tenaga honorer secara bertahap dapat memenuhi kuota empat ribu tiga ratus lowongan P3K di Kabupaten Cirebon, baik dari tingkat PAUD hingga menengah pertama,” pungkasnya.

BACA JUGA: Dilarang Mudik, Polres Ciko Tetapkan Empat Titik Penyekatan, Ini Lokasinya

Sebelumnya, sebanyak 2.588 dari 4.500 calon tenaga P3K telah mengikuti simulasi Try Out yang diselenggarakan oleh Pejuang Pendidikan Seluruh Indonesia (PPSI) dan Lentera CPNS. Para tenaga honorer itu tampak antusias mengikuti try out baik yang diselenggarakan PPSI dan Lentera CPNS mupun PGRI Kabupaten Cirebon. (Joni)

Comment