by

Vaksinasi Pelayan Publik Capai 99 persen

KOTA CIREBON, SC- Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kota Cirebon melalui Dinas Kesehatan menyatakan, vaksinasi Covid-19 untuk pelayan publik sudah mendekati angka 100 persen. Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr Katibi MKM, saat ditemui wartawan di sela kegiatannya di kantor Wali Kota Cirebon, Senin (19/4/2021).

“Vaksinasi Covid-19 kepada pelayan publik mendekati rampung, saya perkirakan sudah mencapai 99,61 persen,” kata Katibi.

Menurutnya jumlah presentase tersebut terbilang relatif baik, sebab vaksinasi ini menyangkut kepada pelayan publik.

“Persentase tersebut per tanggal 18 April 2021 untuk tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua baru mencapai 76 persen,” katanya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi, diakui Kartibi masih ada pelayan publik yang masuk masa penyuntikan kedua, sehingga sampai saat ini baru menyentuh angka 76 persen.

“Ketersediaan vaksin juga kemarin stoknya belum sesuai dengan yang ditargetkan,” katanya.

Selain itu, Kartibi juga mengungkapkan, vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) saat ini sedang berlangsung di seluruh kecamatan. Pihaknya terus mengejar target sasaran agar vaksinasi bisa berjalan sesuai yang direncanakan.

“Laporan per 18 April 2021, vaksinasi untuk lansia tahap pertama baru mencapai 5,29 persen atau 1.843 orang,” jelasnya.

Target sasaran secara keseluruhan bagi lansia yang akan divaksin, menurut dia, totalnya adalah 34.812 jiwa.

“Vaksinasi tahap pertama lansia ini sebenarnya ada dua pertimbangan, berdasarkan logistik atau vaksin yang tersedia, atau sampai target itu tercapai,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kota Cirebon Siap Wujudkan ODF

Terkait stok vaksin, pihaknya selalu mengusulkan stok vaksin sebelum habis. Akhir April ini sepertinya target tersebut belum tercapai.

“Tapi upaya terus ditingkatkan, karena menyangkut stok vaksin itu sendiri, Ramadhan ini juga kegiatan vaksinasi terus berjalan,” pungkasnya. (Surya)

Comment