by

Alun-alun Kejaksan Cirebon Istimewa, Ini yang Gubernur Jabar Titipkan

KOTA CIREBON, SC- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, Rabu (21/4/2021).

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon untuk menjaga dan memelihara Alun-alun Kejaksan dengan baik.

“Saya hanya titip silakan dimanfaatkan dan jaga kebersihan lingkungan alun-alun, karena alun-alun Kejaksan ini sangat istimewa,” kata Kang Emil — sapaan Ridwan Kamil–, menyerayaterimakan Alun-alun Kejaksan kepada Pemerintah Kota Cirebon.

Menurutnya, Kota Cirebon di masa yang akan datang akan dipenuhi dengan tempat pariwisata yang menjadi ikon baru kota udang tersebut.

BACA JUGA: Jelang Diresmikan Gubernur Jabar, Rumput Alun-alun Kejaksan Cirebon Rusak

“Untuk itu perlu dijaga kebersihan lingkungannya, pembangunannya, karena yang dinilai masyarakat kesuksesan kepala daerah itu yang terlihat masyarakat, penataan infrastrukturnya,” kata pria lulusan ITB itu.

Emil menjelaskan, Alun-alun Kejaksan memiliki banyak spot yang akan memanjakan masyarakat Kota Cirebon ataupun luar Cirebon ketika berkunjung ke sana.

“Ada shelter UMKM dan kulinernya, dan fasilitas parkir bawah tanah yang luas, ada tempat bermainnya juga dan dekat dengan masjid,” katanya.

Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, Emil meminta Satpol PP setempat untuk lebih memperketat penjagaan dan imbauan kepada pengunjung Alun-alun.

“Teman Satpol PP harus tegas, seperti pemeriksaan prokesnya, memakai masker, menjaga jarak dan sebagainya saya kira itu harus dilakukan,” ujar mantan Wali Kota Bandung itu.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis, menyampaikan rasa syukur atas rampungnya penataan Alun-alun Kejaksan. Azis berharap setelah diresmikan, Alun-alun Kejaksan dapat secara maksimal menjadi ruang terbuka hijau.

BACA JUGA: BK DPRD Kota Cirebon Belum Periksa Affiati

“Tentunya wisata religi juga, karena Alun-alun Kejaksan berdekatan dengan Masjid Raya At-Taqwa Cirebon,” kata Azis.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, lanjut Azis, akan terus menyempurnakan bangunan dan kebersihan lingkungan alun-alun dengan melibatkan perangkat daerah terkait.

Azis juga berharap, keberadaan wajah baru Alun-alun Kejaksan dapat menjadi tempat edukasi, interaksi sosial, dan refreshing bagi warga Kota Cirebon. (Surya)

Comment