by

Belum Satupun Proyek Fisik Lanjutan di Kota Cirebon Dilelang

KOTA CIREBON SC- Sejumlah proyek fisik di Kota Cirebon belum ada satupun yang dilelang. Padahal realisasinya hingga menjelang bulan Mei 2021. Akibatnya proyek-proyek tersebut belum bisa dikerjakan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon, Syaroni  saat dihubungi Suara Cirebon terkait mandegnya sejumlah pekerjaan fisik.

“Ada pekerjaan gedung disdukcapil, depo arsip, rumah singgah, dan shelter PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), sama Taman Kebumen,” kata Syaroni, Rabu (28/4/2021).

BACA JUGA: Ributkan Pendopo, Dewan Sindir Azis Fokus Tangani Pandemi

Dijelaskan Syaroni, seharusnya pekejaan lanjutan pada sejumlah proyek yang nilainya puluhan miliar tersebut, merupakan kegiatan yang direncanakan di APBD 2020.

“Karena faktor pandemi yang memaksa refocusing anggaran, proyek-proyek tersebut dimunculkan kembali di APBD 2021,” katanya.

Akan tetapi, meski sudah direncanakan dilanjutkan  tahun ini, namun belum ada satupun pekerjaan fisik itu yang sudah dilelang. Padahal, beberapa proyek fisik sejatinya jika dalam kondisi normal mulai bisa dilelang di awal tahun.

“Memang sampai mau menjelang bulan 5 (Mei), lelang proyek fisik dari APBD kota belum ada yang mulai. Rencananya nunggu kalau sudah beres perubahan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA)-nya,” ujar Syaroni.

BACA JUGA: Hibah Lahan UGJ Tak Bisa Dilanjut

Walaupun realisasinya hingga menjelang bulan Mei 2021, proyek-proyek tersebut belum bisa dilaksanakan pekerjaanya. Bahkan, tahapan lelang untuk mencari pemenang pihak ketiga yang akan melaksanakan kegiatan itu, pun masih belum siap digelar.

“Inginnya sih secepatnya (dilelangkan), supaya bisa cepat juga selesai pekerjaannya nanti. Tapi kembali lagi, tergantung kesiapan hasil perubahan DPA-nya,” tandasnya. (Surya)

Comment