by

Musala Al-Ikhlas Sediakan Hidangan Buka Gratis selama Ramadhan

KABUPATEN CIREBON, SC- Keinginan keluarga besar pemilik Musala Al-Ikhlas yang berlokasi di Blok I, Desa Geyongan, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon untuk mengajak kaum duafa sekitar musala berbuka puasa bersama, akhirnya bisa terwujud pada Ramadhan tahun ini. Tak tanggung-tanggung, hidangan berbuka untuk kaum duafa dan mereka yang membutuhkan itu disediakan setiap hari selama Ramadhan.

Salah anggota seorang keluarga pemilik Musala Al-Ikhlas, Hj Sri Atmini mengaku bahagia bisa mengajak kaum duafa sekitar musala berbuka puasa bersama, meski dengan nasi dan lauk-pauk sederhana. Pasalnya, pada Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, ia hanya bisa berbagi makanan ringan untuk takjil saja.

Menurutnya, keinginan untuk bisa buka puasa bersama itu sudah diimpikan sejak beberapa tahun silam. Kini, setelah keinginan tersebut terlaksana, ia pun bertekad melaksanakan kegiatan buka bersama (bukber) selama satu bulan penuh.

“Alhamdulillah sampai sekarang bukber masih berjalan, ya walaupun tidak seberapa, hanya sekitar puluhan kaum duafa di sekitar musala saja. Tapi mudah-mudahan niat baik kami ini bisa meringankan mereka yang membutuhkan,” kata Sri Atmini kepada Suara Cirebon, Selasa (4/5/2021).

Selain untuk warga sekitar, ia juga dengan senang hati memberikan makanan berbuka kepada siapapun yang mampir di musalanya yang terletak di pinggir jalan desa tersebut.

“Pokoknya siapa pun yang datang salat Magrib di sini, saya akan senang sekali untuk memberi makan orang yang berbuka puasa. Saya ihlas, kalau ada yang mampir, ini gratis tidak bayar dan akan ada setiap hari selama bulan Ramadhan,” ucap Hj Sri Atmini.

Dikatakannya, mulanya keinginan untuk memberi makan selama Ramadhan belum berani ia sampaikan kepada sang suami. Pada tahun 2021 ini, ia mencoba menyampaikan niat baiknya itu ke suaminya. Tidak disangka, sang suami pun mendukung sepenuhnya keinginannya itu.

“Dan awal Ramadhan ini kita mulai memberikan makan kepada orang buka puasa yang ada di Musala Al-Ikhlas. Meskipun dengan menu seadanya,” paparnya.

Kendati sederhana, sambung Sri, namun ia sengaja membuat sajian setiap harinya berbeda dan terasa istimewa.

“Ada telur dadar balado, sate ayam, ikan asin, panjelan, sambal, sayur lodeh dan tahu tempe. Menu takjil berupa kolak pun ada. Sebagai makanan penutup, ada buah jeruk dan pisang. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi, jemaah yang salat juga banyak lagi,” ujarnya.

BACA JUGA: Tradisi Ngabuburit Menantang Maut di Kaliwedi Cirebon

Di tempat yang sama, Imam Musala Al-Ikhlas, Ustaz Afin Muktafin, mengaku senang dengan makanan berbuka yang tersedia di musala tersebut. Selama Ramadhan ini, ia tidak lagi memikirkan menu buka puasa maupun sahur, karena sudah disediakan oleh Hj Sri Atmini.

“Kalau tahun kemarin hanya takjil, sekarang bisa sampai ada menu buka puasa juga. Dan memberi makan untuk orang buka puasa pahala luar biasa,” katanya. (Islah)

Comment