by

Pemuda Samadikun Kota Cirebon Ubah Kebiasaan Hura-hura dengan Berbagi

PEMUDA RW 10 Samadikun, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon berbagi kebahagiaan bersama lansia dan anak yatim di lingkungan setempat dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H kemarin.

Pemuda yang tergabung dalam Samdik Comunity ini membagikan 80 bingkisan sembako untuk lansia dan santunan uang bagi anak yatim pada Ahad (9/5/2021) lalu. Pemuda yang terlibat dalam kegiatan ini dikordinatori oleh Juana, Agus Setiawan, Arif Rahman, dan Dede Rusmana.

Dalam kesempatan itu, Dede Rusmana yang juga Sekjend Samdik Comunity ini menjelaskan, kegiatan berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan tersebut merupakan kegiatan tahun kedua. Pasalnya, pada bulan suci tahun sebelumnya, mereka pun melakukan kegiatan serupa.

“Untuk sumber dananya yaitu dari para donatur yang tidak mau disebutkan namanya,” jelas Dede.

BACA JUGA: Panji: Lahan Kesenden Masih Dimanfaatkan Masyarakat

Dikisahkan, kegiatan ini bermula dari rasa keprihatinan pihaknya melihat para pemuda di lingkungan mereka yang kerap menghamburkan rezeki dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Sehingga, lanjut Dede, komunitas pemuda Samdik Comunity ini pun menginisiasi suatu gerakan yang berdampak positif, baik untuk warga maupun lingkungan tempat tinggal mereka.

Kegiatannya, lanjut Dede, yaitu berbagi dengan warga yang membutuhkan bantuan. Sehingga, kata dia, selain rejeki tersebut bermakna, pandangan masyarakat terhadap komunitas pemuda ini pun positif.

“Dulu kami ada sedikit uang lebih hanya untuk hura-hura. Tapi sejak kami bersama anggota (Samdik Comunity), kami coba ubah image ini ke arah yg lebih bermanfaat,” ujarnya.

Dede mengungkapkan, pihaknya merasa bersyukur dapat memberikan bantuan yang dapat bermanfaat untuk warga di lingkungan setempat. Pasalnya, seperti diketahui, di masa pandemi Covid-19 ini berbagai sektor sangat terdampak, terlebih sektor ekonomi. Sehingga, penghasilan masyarakat mengalami penurunan.

“Walau di masa pandemi, kami upayakan kegiatan seperti ini tidak berhenti, terbukti tahun ini lebih banyak bingkisan yang dibagikan,” katanya.

BACA JUGA: Hina Polisi di Facebook, Pemudik Asal Majalengka Diamankan Petugas, yang Bersangkutan Diketahui Positif Covid-19

Untuk itu, dalam kesempatan ini, Dede mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan amanah kepada Samdik Comunity untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang memang membutuhkan bantuan.

Dia pun mengajak semua lapisan masyarakat untuk menyisihkan rezeki yang didapat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan. Sehingga, kegiatan berbagi seperti ini dapat tersebut diselenggarakan yang tentu dampaknya sangat bermanfaat, seperti memunculkan rasa gotong-royong dan kepedulian.

“Kegiatan seperti ini kami laksanakan tidak hanya saat Ramadhan, tapi momen tertentu juga kami lakukan. Contohnya awal Pandemi Covid-19, kami adakan kegiatan sosial. Untuk itu melalui kegiatan ini kami sampaikan, semoga ada lebih banyak donatur lagi yang menyumbangkan rezekinya agar kegiatan ini dapat semakin besar dan terus dilaksanakan,” harapnya. (Arif)

Comment