by

Penambahan Muatan Lokal Harus Konsul ke BP4D, Dinas PUPR Kota Cirebon Akui Desain Taman Kebumen Masih Bisa Diubah

KOTA CIREBON, SC- Pekerjaan proyek revitalisasi Taman Kebumen belum sepenuhnya selesai. Proyek yang menggunakan dana APBD Kota Cirebon itu baru 50 persen tergarap.

Kepala Dinas PUPR Kota Cirebon, Syaroni mengatakan, proyek Taman Kebumen ditargetkan rampung akhir tahun 2021 ini.

“Pengerjaan baru 50 persen, 50 persen lanjutannya di tahun 2021 ini. Dari sisa pekerjaan ini ada beberapa penambahan ornamen dan fasilitas tertentu yang belum diselesaikan,” kata Syaroni, Kamis (27/5/2021).

Adanya sorotan dari DPRD mengenai desain revitalisasi Taman Kebumen yang tidak ada satu pun ornamen lokal, menurut Syaroni,  yang membuat desain taman Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D).

BACA JUGA: Target Kunjungan Wisata di Kota Cirebon Turun

“Soal desainnya tidak ada muatan lokal, yang pasti kami PUPR hanya melaksanakan desain yang sudah dibuat. Desain Taman Kebumen yang membuat itu BP4D. Nah nanti apakah kita lihat ada ornamen atau tidak, itu kan belum selesai tapi yang jelas kami itu hanya melaksanakan hasil DED yang sudah dibuat,” ujarnya.

Mengenai arsitektur, ia mengaku tidak tahu persis, namun secara konsep Taman Kebumen ini lebih kepada fasilitas teater terbuka.

“Jadi Taman Kebumen ini lebih fungsi ke teater terbuka, bisa untuk pentas-pentas musik atau penampilan pentas lainnya tapi yang sifatnya kecil,” jelas dia.

Syaroni tidak menapik, desain Taman Kebumen itu bisa ditambahkan ornamen nuansa muatan lokal. Namun, mengenai hal itu, harus terlebih dahulu konsultasi kepada BP4D yang membuat desain Taman Kebumen.

“Kalau bisa diubah atau ditambahkan kita harus konsultasi  yang merencanakan itu dulu, kita tidak bisa mengubah atau menambahkan. Kita tidak berani mengubah desain,” pungkasnya. (Surya)

Comment