by

RAOS Gelar Safari Gemarikan

KABUPATEN CIREBON, SC- Rumah Aspirasi Ono Surono (RAOS) Kabupaten Cirebon menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sebagai upaya pencegahan stunting. Program yang digagas anggota DPR RI, Ono Surono tersebut, bertujuan mengajak masyarakat gemar makan ikan dan produk makanan olahan berbahan ikan. Hal itu dikemukakan Ketua RAOS Kabupaten Cirebon, Dr Sophi Zulfia SH MH, usai menggelar Safari Gemarikan di Desa Karanganyar, Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon, Minggu (6/6/2021).

“Kita mengkampanyekan agar masyarakat gemar makan ikan. Makan ikan itu sehat dan dapat mencegah kasus stunting,” kata Sophi.

Menurutnya, kasus stunting menjadi perhatian kader PDIP, khususnya anggota DPR yang juga Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono.

“Pak Ono peduli dengan keberadaan masyarakat di Kabupaten Cirebon. Makanya, terus menggalakkan agar masyarakat gemar makan ikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, RAOS Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan makanan olahan (berbahan) ikan kepada perwakilan masyarakat yang hadir.

Menurut Sophi, sebanyak 1.500 paket makanan olahan ikan dibagikan Ono Surono kepada masyarakat yang ada di daerah pemilihannya.

“Bantuan ini dari Pak Ono, anggota Komisi IV DPR RI yang sudah menginisiasi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sebanyak 1.000 paket distribusikan ke Indramayu dan 500 paket untuk Kabupaten Cirebon,” kata Sophi.

Selain mengampanyekan gemar makan ikan, pihaknya juga memberikan pemahaman agar para nelayan di Kabupaten Cirebon lebih berdaya.

“Rutinitas aktivitasnya harus diubah. Tidak hanya menangkap ikan lalu menjualnya saja. Tapi harus bisa mengolahnya, sehingga hasil tangkapannya memiliki nilai lebih,” ujar Sophi. 

Dengan mengolah hasil tangkapannya, pihaknya menyakini, nelayan akan mendapat penghasilan lebih banyak.

“Kita arahkan agar bisa melakukan pengolahan ikan. Sehingga, ikan-ikan yang mereka tangkap itu, nantinya bernilai lebih. Bisa menyejahterakan para nelayan,” kata perempuan yang juga menjabat Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Cirebon itu.

BACA JUGA: Peluang Parpol di Pilkada 2024 Sama, Hasil Pemilu 2019 tak Lagi Jadi Patokan Pengusungan Paslon

Sophi menjelaskan, RAOS sudah memiliki nelayan binaan. Mereka, kata Sophi, sering mendapatkan bantuan setiap tahunnya.

“Beliau (Ono, red) terus memperjuangkan nasib para nelayan. Kesejahteraan nelayan sangat diperhatikan. Yang belum memperoleh kartu nelayan diperjuangkan. Bantuan pun terus dikucurkan untuk meningkatkan perekonomian para nelayan. Kebetulan beliau duduk di Komisi IV yang konsens terhadap pemberdayaan para nelayan,” pungkasnya. (Kirno)

Comment