by

Masyarakat Jamberama Lakukan Pengerjaan Fisik Jelang TMMD 

KUNINGAN, SC- Ratusan Warga Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kuningan dibantu anggota TNI nampak antusias melakukan kegiatan Pra-TMMD ke-111, sejak beberapa hari lalu berupa pengerjaan fisik.

Dari pantauan di lokasi, di hari keempat Pra TMMD tersebut, kegiatan fisiknya berupa rabat beton jalan dengan panjang 1.780 meter dan lebar 2,5 meter telah mencapai titik 45 meter dengan persentase 2,5 %.

Sedangkan untuk pembuatan Tembok Penahan Tebing (TPT) dengan panjang 140 meter, pos kamling 1 unit, pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) skala pemukiman 25 KK, masih tahap pelansiran material dan pembersihan lokasi.

Begitupun untuk pembangunan program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAM SIMAS), penambahan sumur dalam terlindung/ Broncaptering, masih dalam pelansiran material. Sedangkan tematik penurunan angka kematian ibu dan stunting sebanyak 60 unit.

“Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 4 Titik belum dimulai. Sementara untuk rehab TK sebanyak 1 lokal sudah dilakukan pemasangan genteng dengan persentase 6 %,” kata Dandim Kuningan Letkol Czi David Nainggolan saat meninjau kegiatan Pra TMMD, Senin (7/6/2021).

Dalam pelaksanaan TMMD ke-111 yang akan dibuka pada tanggal 15 Juni 2021 dan berakhir 14 Juli 2021 ini, juga akan diisi dengan kegiatan penghijauan sebanyak 4000 bibit tanaman. Selain itu, pekerjaan pembuatan saluran TPT sepanjang 140 meter di Dusun Surian Desa Jamberama, dan pembuatan lanjutan wermes bambu serta penempatannya ditiap tepi jalan.

Diterangkan, untuk kegiatan nonfisik yang akan dilaksanakan pada saat pelaksanaan TMMD nanti, yaitu penyuluhan, pembinaan dan sosialisasi tentang Undang-Undang perkawinan, Zakat, Wakaf, dan Pembinaan Syariah.

Selain itu, ada juga pembinaan kerohanian bagi masyarakat, sosialisasi dan fasilitasi perijinan UMKM, pembinaan dan sosialisasi tentang pengolahan sampah, sosialisai dan pemahaman perpustakaan dan pengolahan arsip, penyuluhan kepada seluruh peserta KB, dan pencegahan serta kesiapan penanggulangan bencana.

BACA JUGA: Menparekraf Minta Cibuntu Jadi Magnet Wisata

Selanjutnya, dalam pelaksanaan TMMD ke-111, masyarakat Jamberama juga akan diberikan penyuluhan kesling tentang STBM, promkes tentang Desa Siaga covid-19 dan PHBS, sosialisasi pengurusan perizinan produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), halal dan kemasan bagi para pelaku UMKM.

Kemudian, sosialisasi P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor), penyuluhan hukum, penyuluhan wawasan kebangsaan, pelatihan Demplot penerapan teknologi perikanan dan sosialisasi penatausahaan administrasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). (Nung kh)

Comment