by

Ketersediaan Vaksin Belum Mendukung Target

KABUPATEN CIREBON, SC- Proses vaksinasi bukan hanya berkutat pada sasaran, namun juga butuh ketersediaan vaksin yang bisa mendukung capaian vaksinasi. Keinginan Presiden Joko Widodo agar program vaksinasi Covid-19 bisa mencapai satu juta sasaran dalam satu bulan mulai bulan Juli mendatang, dipastikan dapat terealisasi jika ketersediaan vaksin memadai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, terkait realisasi vaksinasi sesuai keinginan Presiden Joko Widodo. Nanang mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon dapat melaksanakan hal tersebut bilamana ketersediaan vaksin memadai.

“Bagaimana kesiapan sarana dan prasarananya, terakhir saja ada 34 ribu vaksin yang datang dan kalau dihitung ya itu masih susah mencapai target yang diinginkan Pak Presiden,” kata Nanang, Jumat (11/6/2021)

Jika dihitung rata-rata target vaksinasi yang sudah dilakukan Dinkes dalam satu hari, menurut dia, jumlahnya mencapai 3.000 sasaran, yang terdiri dari pelayan publik dan lansia. Itu artinya, untuk bisa mencapai target sesuai keinginan Presiden masih sulit meskipun selama proses vaksinasi tidak terjadi hambatan yang begitu berarti. Terutama pada program vaksinasi terhadap pelayanan publik. Akan tetapi, pada program vaksinasi bagi lansia, pihaknya mengaku merasa sedikit kesulitan terutama soal aksesibilitas. Karena lansia harus diantar oleh keluarganya.

Selaian itu, pada tahapan vaksinasi terhadap lansia juga diperlukan advokasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) dan tokoh masyarakat setempat yang kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi sebagai penggerakan target.

“Tapi seluruh target lansia sejauh ini kooperatif. Untuk lansia yang tidak berhasil di vaksin itu karena memang ada penyakit penyerta,” paparnya.

BACA JUGA: 13 Kecamatan Zona Merah, Kadinkes Sebut KBM Tatap Muka Harus Ada Izin Pemerintah Pusat

Persentase jumlah capaian vaksinasi lansia sendiri, saat ini sudah mencapai 80 persen. Pihaknya pun terus berusaha mendekatkan pelayanan tersebut di seluruh Puskesmas dan disetiap kantor desa di Kabupaten Cirebon. Hal itu, agar capaian sasaran bisa lebih maksimal sesuai dan bisa sesuai target.

“Alhamdulillah meskipun ada kendala vaksinasi bagi lansia, capaiannya sudah 80 persen,” terangnya. (Islah)

Comment