by

Katar Widyaloka Gelar Aksi Donor Darah

KABUPATEN CIREBON, SC – Karang Taruna (Katar) Widyaloka Desa Babakan Losari, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, menggelar aksi donor darah dengan menggandeng PMI Kabupaten Cirebon, bertempat di kantor desa setempat, Senin (14/6/2021).

Ketua Katar Widyaloka, Riki Firmansyah mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Katar akan kemanusiaan yang melihat ketersediaan stok labu darah di PMI Kabupaten Cirebon.

Diakuinya, kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan Katar Widyaloka. Dalam kegiatan itu, pihaknya melibatkan Ikatan Remaja Masjid Darusallam (Irmasda) desa setempat. Dengan melibatkan para remaja diharapkan remaja di Desa Babakan Losari memiliki rasa kepedulian akan sesama sejak dini.

“Dalam aksi donor darah ini sebanyak 23 labu darah dari anggota Katar Widyaloka dapat terkumpul.  Kami berharap bisa membantu PMI Kabupaten Cirebon dalam memenuhi stok labu darah,” ujarnya kepada Suara Cirebon.

Riki menambahkan ke depannya kegiatan donor darah ini akan menjadi kegiatan rutin Katar Widyaloka, dan akan diagendakan setiap tiga bulan sekali. Pihaknya akan mengajak katar yang ada di Kecamatan Pabedilan untuk bersama-sama melakukan hal yang sama.

“Alhamdulillah kegiatan perdana ini, antusias anggota katar Widyaloka  sangat tinggi dan  bersemangat sekali untuk mendonorkan darahnya, bahkan mereka meminta dilakukan secara rutin dilaksanakan. Semoga ke depan akan semakin banyak lagi anggota katar Widyaloka yang mendonorkan darahnya,” ucapnya

Ia ingin adanya perhatian dari Katar Kabupaten Cirebon khususnya untuk wilayah Cirebon Timur, agar organisasi kepemudaan itu dapat berkembang. Dirinya engakui saat ini Katar khususnya yang ada di Kecamatan Pabedilan kurang berkembang dan kurang sekali mengadakan kegiatan.

“Hal ini dikarenakan belum terbentuknya struktur Katar tingkat kecamatan. Tentunya kami ingin segera dibentuk struktur katar tingkat kecamatan, sehingga kami bisa berkoordinasi dalam berbagai hal,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Katar Kabupaten Cirebon, Dangi saat dihubungi melalui pesan WA mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang Katar Widyaloka ini. Menurutnya ini merupakan kegiatan sangat positif dan perlu rutin diadakan, agar menjaga rasa kepedulian akan kemanusiaan, sekaligus membantu PMI dalam ketersediaan stok labu darah. Selain itu dapat menjaga kesolidan dan kekompakan katar itu sendiri.

“Donor darah ini sangat bermanfaat selain sebagai kegiatan sosial dan rasa kepedulian akan kemanusiaan, juga baik untuk kesehatan bagi pendonornya dan pendonor akan mendapatkan banyak manfaat,” ungkap Dangi.

BACA JUGA: Penerima Vaksin Jangan Ragu Donor Darah

Terkait belum terbentuknya struktur Katar Kecamatan Pabedilan, Dangi menuturkan, hal itu sedang dikomunikasikan dengan pihak kecamatan untuk pembentukan pengurus baru.

“Dalam bulan ini diharapkan dapat segera terbentuk struktur kepengurusan katar tingkat kecamatan Pabedilan yang baru,” kata Dangi. (Baim)

Comment