by

Mobil Layanan Berbasis IT Siap Jangkau Daerah Pelosok

KABUPATEN CIREBON, SC- Polresta Cirebon menerima 35 unit mobil pelayanan terpadu dari Polda Jabar. Sebanyak 34 unit di antaranya didistribusikan ke polsek jajaran Polresta Cirebon. Sementara satu unit lainnya tetap berada di Mapolresta Cirebon untuk membackup pelayanan di level Polresta Cirebon. Serah terima dilakukan langsung Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, Senin (14/6/2021).

Menurut Syahduddi, mobil pelayanan terpadu yang diluncurkan tersebut berbasis (teknologi informasi) IT dan sudah terkoneksi dengan Command Center Polresta Cirebon. Kendaraan tersebut, akan digunakan untuk pelayanan kepolisian dari mulai laporan pengaduan, laporan kehilangan, SKCK dan layanan lainnya.

Terlebih bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang cepat, mobil tersebut akan berada di garis terdepan untuk menindaklanjutinya.

“Jika masyarakat membutuhkan kecepatan layanan Polri, maka kendaraan ini ada di garis terdepan untuk membackup dan menindaklanjutinya, karena mobil ini telah terkoneksi internet,” ujar Syahduddi, usai kegiatan.

Selain terkoneksi internet, kata dia, mobil tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah peralatan untuk memaksimalkan kinerja para personel Polresta Cirebon di lapangan. Di antaranya, kursi dan meja pelayanan yang dilengkapi dengan laptop dengan printernya, serta atap yang bisa dilipat.

Peralatan-peralatan tersebut didesain untuk dapat digunakan personel Polsek dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan, dengan kendaraan tersebut petugas dapat memberikan pelayanan secara mobile hingga ke daerah pelosok yang sulit dijangkau, baik karena kondisi geografisnya maupun akses transportasinya.

“Di mobil ini masyarakat bisa membuat laporan pengaduan, SKCK, laporan kehilangan dan lainnya,” kata Syahduddi.

BACA JUGA: Polresta Cirebon Serahterimakan Kendaraan Patroli

Dijelaskan Syahduddi, pihaknya sengaja mem-branding kendaraan tersebut untuk meningkatkan kebanggaan sekaligus kepedulian dari personel yang mengawakinya, agar manfaatnya betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Untuk diketahui, 34 unit dari 35 unit mobil pelayanan terpadu dari Polda Jabar tersebut sudah didistribusikan ke Polsek-Polsek jajaran Polresta Cirebon. Sedangkan satu unit lainnya akan tetap berada di Mapolresta Cirebon untuk membackup pelayanan di level Polresta Cirebon. (Islah)

Comment