by

Belum Terima Juklak, Seleksi Pendaftaraan CPNS Diundur

KOTA CIREBON, SC- Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon belum dapat memastikan pendaftaraan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) dan PPPK. Sedianya, per tanggal 31 Mei kemarin, seleksi pendaftaran bakal digelar namun sampai pertengahan Juni belum ada kejelasan.

Kepala BKPPD Kota Cirebon, Anwar Sanusi mengatakan, belum dipastikannya seleksi pendaftaraan CASN dan PPPK itu, karena sampai saat ini Pemkot Cirebon melalui BKPPD belum menerima petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Kemenpan-RB.

“Kami masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. Di daerah lain juga sama masih pada nunggu,” ujar Anwar Sanusi kepada Suara Cirebon, Rabu (16/6/2021).

Untuk menentukan jadwal dan tahapannya, kata Anwar, panitia pelaksana setidaknya ada gambaran ketika juknis dan juklak dari pemerintah pusat sudah diterima.

Lanjut Anwar, juknis dan juklak dari Kemenpan-RB mengatur jadwal pelaksanaan seperti batas pendaftaran dan pelaksanaan seleksi.

“Seleksi administrasi tanggal berapa hingga tanggal berapa, tes seleksi kompetensi dasar (SKD) tanggal berapa, dan lain sebagainya. Nanti kelihatan setelah ada juknis dari pusat, jadwal tanggal berapa-berapanya. Sementara yang sudah kita umumkan baru lowongan formasinya saja. Ada 242 formasi, 138 untuk PPPK dan 104 untuk CPNS,” ujar Anwar.

BACA JUGA: Nasib Calon Anggota KID Belum Jelas

Menurutnya, jika mengacu pada rancangan tahapan yang direncanakan sebelumnya, rangkaian tahapan tes seleksi CPNS maupun PPPK ini diharapkan bisa selesai di bulan Agustus 2021.

Namun, karena belum ada keputusan kapan dimulainya pendaftaran, maka rampungnya seluruh tahapan seleksi ASN ini, diperkirakan bakal mundur dari bulan Agustus.

“Kalau skema awal, Agustus itu tahapanha sudah selesai. Kemudian per waktu urus-urus pengajuan NIP ke BKN, paling tidak SK pengangkatan CPNS yang sekarang TMT-nya (terhitung mulai tanggal) bisa bulan Oktober,” sebutnya. (Surya)

Comment