by

Penyekatan Jalan di Kecamatan Sumber Berlanjut

KABUPATEN CIREBON, SC- Penyekatan sejumlah ruas jalan di Kecamatan Sumber, berlanjut. Jajaran Polresta Cirebon bersama TNI, Satpol PP, Dishub dan dinas terkait lainnya melakukan penyekatan sejumlah ruas jalan menyusul level kewaspadaan Covid-19 di wilayah Kecamatan Sumber masuk kategori tinggi alias zona merah.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dan sudah berlangsung sejak Selasa (22/6/2021) kemarin.

Menurut Arif, penyekatan tersebut berkaitan dengan status zona merah Covid-19 yang disandang Kecamatan Sumber.

Ia menjelaskan, penyekatan dilaksanakan di tiga titik di wilayah Kecamatan Sumber. Yakni, simpang empat Pasar Sumber, simpang tiga Babakan, dan simpang tiga Kenanga.

“Hanya warga setempat yang diperkenankan melintasi penyekatan. Penyekatan ini kita laksanakan mulai pukul 16.00 sampai 18.00 WIB,” kata Arif.

Sebelumnya, Kabid Tibumtranmas Satpol PP Kabupaten Cirebon, Dadang Priyono, mengatakan, penyekatan akses menuju Ibu Kota Kabupaten Cirebon tersebut akan dilakukan selama 14 hari.

“Ya sudah dimulai sampai 14 hari ke depan, penutupan ini untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan,” ujar Dadang.

BACA JUGA: Polresta Cirebon Lakukan Penyekatan Jalan di Sumber

Dengan skenario tersebut, kata Dadang, diharapkan mobilitas warga di kawasan zona merah penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Sehingga diharapkan juga kondisi bisa berangsur membaik.

“Kita fokus pada upaya penekanan-penekanan kasus agar mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus. Salah satu upayanya dengan menekan pergerakan masyarakat,” kata dia.

Ia menjelaskan, humlah kasus di Kabupaten terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan dalam beberapa hari terakhir ini jumlahnya selalu diatas 100 orang. Kondisi tersebut, lanjut Dadang, tentu harus diantisipasi dengan berbagai upaya untuk menekan penyebarannya. Oleh karena itu, ia menghimbau agar masyarakat tidak keluar rumah dulu jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Ia juga mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. (Islah)

Comment