by

Vaksinasi Massal Dimulai, Pemkot Cirebon Persilakan Masyarakat Umum Ikut

KOTA CIREBON, SC- Pemerintah Kota Cirebon yang akan memulai vaksinasi massal untuk masyarakat umum, Jumat (25/6/2021) hari ini.

Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, vaksinasi massal  rencananya dilaksanakan di Lapangan Batalyon Arhanudse Pilang Raya Kota Cirebon. Untuk vaksinasi umum ini, Pemerintah Kota Cirebon berkerja sama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Syarat vaksinasi massal ini usia harus 18 tahun ke atas dan warga Kota Cirebon atau berdomisili di Kota Cirebon. Jadi siapapun warga Kota Cirebon atau yang berkerja di Kota Cirebon bisa mendaftar melalui link yang kami siapkan untuk divaksin,” kata Agus saat konferensi pers, Kamis (24/6/2021).

Menurut Agus, pelaksanaan vaksinasi akan digelar dalam beberapa tahap. Tahap pertama, bagi masyarakat yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Cirebon sebanyak 8 ribu orang. Mereka yang sudah terdaftar tersebut akan mendapat vaksinasi pada Jumat, Sabtu hingga Senin (25-26-28/6/2021).

“Tahap kedua pendaftaran melalui online.  Tahap ketiga mobilisasi Satgas Covid-19 ke masayarakat di tingkat kecamatan dan kelurahan hingga ke RW dan RT,” katanya.

Pada tahap mobilisasi di setiap kecamatan dan kelurahan, pihaknya menginstruksikan camat hingga RT untuk memobilisasi masyarakat.

“Dukungan mobilisasi akan dilaksanakan Dishub,  Satpol PP, TNI dan Polri, begitu juga para camat dan lurah untuk menggalakkan vaksinasi kepada masyarakat di setiap masing-masing wilayah,” ujarnya.

BACA JUGA: Pasien Covid-19 Antre di IGD

Agus memastikan, segala persiapan dan teknis sudah dibahas. Adapun jumlah total vaksin untuk vaksinasi massal ini sebanyak 13.700 vaksin. Agus menyampaikan pelaksanaan vaksinasi akan dibagi tiga sesi dalam sehari dengan target minimal 2 ribu warga per hari.

“Jadi kalau 8 ribu setidaknya untuk per hari 2.500-an penyuntikan vaksin kepada masyarakat dan itu jumlah minimal, sementara secara nasional Presiden meminta per hari nya 1 juta penyuntikan vaksin,” tuturnya.

Dengan jumlah total vaksin tersebut, pihaknya menyiapkan sebanyak 15 tim tenaga kesehatan yang akan stand by di tempat vaksinasi massal.

“Besok sudah mulai dari jam 8 sampai dengan selesai. Segala persiapan dan teknis sudah kami bahas, kami berharap warga juga datang tepat waktu dan tidak ada potensi kerumunan. Kami juga terima kasih kepada Dandim yang sudah menyiapkan tempat,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, H Nashirudin Azis mengimbau para ketua RW se-Kota Cirebon untuk memanfaatkan vaksinasi massal di Arhanudse Kota Cirebon.

“Para RW kami mohon mengajak semua masyarakat yang belum divaksin, manfaatkan vaksinasi ini dengan mengajak semua warganya agar segera divaksin,” kata Azis. (Surya)

Comment