by

Masyarakat Prajawinangun Wetan Ingin Jembatan Permanen

KABUPATEN CIREBON, SC- Masyarakat Desa Prajawinangun Wetan, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon, menginginkan adanya jembatan penghubung desa, yang layak dan aman untuk dilalui.

Salah seorang warga Desa Prajawinangun Wetan, Wardi mengatakan jembatan penghubung antara Desa Prajawinangun Wetan dengan Kalideres, dan juga Karangsambung Kecamatan Arjawinangun, tersebut berada di sungai Ciwaringin, dan semenjak dibangun pada tahun 1982 lalu belum dilakukan perbaikan permanen. 

Untuk itu, menurutnya, jembatan yang memiliki panjang 82 meter dan lebar 2 meter tersebut, merupakan jembatan  penghubung desa, saat ini kondisinya memang butuh perbaikan dan itu harus segera dilaksanakan, mengingat masyarakat sekitar kerap melintasi dalam setiap aktivitas, terlebih bagi para petani. 

“Kami sebagai warga kerap khawatir saat melintasi jembatan saat sungai Ciwaringin banjir, pasalnya alas jembatan tersebut hanya berupa papan, dan kondisi sudah dimakan usia,” ujarnya kepada Suara Cirebon, Jumat (25/6/2021). 

Lanjutnya, besar harapan adanya perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon melalui dinas terkait, untuk melakukan perbaikan permanen, sebagai kenyamanan dan keselamatan masyarakat dalam beraktivitas. 

Sementara menurut Kuwu Prajawinangun Wetan, Sutarno, saat ditemui Suara Cirebon, menyampaikan keinginan masyarakat sudah cukup lama yang  mengharapkan jembatan penghubung desa tersebut dilakukan perbaikan yang permanen, pasalnya semenjak dibangun pada tahun 1982 lalu jembatan tersebut belum dilakukan perbaikan yang permanen. 

“Sejauh ini kami lakukan perbaikan sekedarnya, seperti mengganti papan sebagai alas jembatan yang rusak, atau pun mengelas besi penyangga jembatan yang keropos,” ujar Sutarno.

BACA JUGA: Beri Manfaat Besar namun Rawan Bencana, Cisanggarung Agung untuk Selamatkan Sungai

Pihaknya sudah mengajukan pengajuan ke dinas terkait agar adanya bantuan perbaikan jembatan penghubung, namun hingga saat ini belum ada realisasi. 

Menurut Sutarno, belum adanya realisasi dikarenakan status jembatan penghubung tersebut, dan dalam hal ini, pihaknya akan terus berupaya agar keinginan warga dapat terpenuhi, dengan berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk mencari solusinya. “Semoga keinginan masyarakat segera terealisasi,” harapnya. (Baim)

Comment