by

Pemdes Pabedilan Kaler Tertibkan Sampah

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemdes Pabedilan Kaler, Kecamatan Pabedilan menggelar acara bakti social (baksos) “penertiban sampah” bersama tokoh masyarakat, LPMD, BPD, Karang taruna, GP Ansor, LSM GMBI serta dibantu pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon dalam mengangkut sampah ke lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Sementara di Gunung Santri, Palimanan, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Kuwu Pabedilan Kaler, Casban, acara baksos ini sudah direncanakan dari bulan-bulan kemarin. Pihaknya sengaja mengumpulkan semua unsur lembaga desa dari mulai BPD, LPMD, tokoh masyarakat dan lainnya.

Dikatakan, Pemdes akan membangun (TPA), mudah-mudahan di tahun anggaran 2022. Pihaknya juga selalu berkoordinasi dan memohon kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon dalam hal pengangkutan sampah .

“Alhamdulilah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten sangat respon kepada Pemdes Pabedilan Kaler, bisa menyediakan armada serta bak sampah dalam mengangkut sampah di dua titik di Desa Pabedilan Kaler tersebut,” terang Kuwu Casban.

Acara baksos penertiban sampah  di Blok Balongan Orok-orok, RT 12 Dusun Wargasari, lanjut Kuwu Casban, merupakan titik kumpul pembuangan sampah bagi masyarakat Pabedilan Kaler Kecamatan Pabedilan.

Kuwu Casban juga bersyukur acara baksos penertiban sampah bisa mengumpulkan dan menyatukan semua unsur Pemdes, lembaga desa serta Ormas, sehingga ada rasa kebersamaan dalam rangka persatuan dan kesatuan dalam membangun Desa Pabedilan Kaler.

Pemdes Pabedilan Kaler ke depan setelah menyiapkan dan membangun tempat pembuangan sampah yang baik, meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk bersinergi terus dalam hal penanggulangan sampah terkait dengan armada yang akan mengangkut sampah.

Kuwu Casban juga mengimbau dan meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena Pemdes akan menyediakan satu titik saja dalam pembuangan sampah, sehingga dalam penertiban sampah bisa bisa berjalan dengan baik.

Petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Roiman memaparkan DLH memfasilitasi Pemdes baksos penanggulangan sampah. Pihak DLH memberikan apresiasi kepada Pemdes Pabedilan Kaler yang telah mengadakan acara baksos penanggulangan sampah. Mudah-mudahan acara baksos penanggulangan sampah bisa berlanjut.

BACA JUGA: Vaksinasi Massal di Kabupatn Cirebon Peringkat Dua Jabar

Pihak DLH mengimbau agar sampah bisa dikelola di desa, sehingga pihak Pemdes bisa mengurangi volume sampah di pusat tempat pembuangan sampah akhir di Gunung sari Palimanan.

“Intinya DLH akan memfasilitasi masalah sampah di Kabupaten Cirebon, sehingga persoalan sampah di masing-masing desa bisa dilakukan secara bersama-sama,” pungkasnya. (Dedi)

Comment