by

FKKC Ingin Pasaleman Maju

KABUPATEN CIREBON, SC- Banyaknya potensi alam yang ada di Kecamatan Pasaleman yang bisa menjadikan daerah tersebut maju, Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) Kecamatan Pasaleman turut mendorong untuk menggali potensi sumber daya alam tersebut.

Salah satu potensi sumber daya alam di Kecamatan Pasaleman adalah agro wisata di Desa Tonjong yang belum tersentuh. Wilayah desa tersebut cukup luas, terdapat perkebunan kayu putih, pepaya, tebu, jagung serta tanaman palawija lainnya.

Salah seorang anggota FKKC Kecamatan Pasaleman, yang juga Kuwu Tonjong, Yuherna mengakui, potensi alam yang luas, ditambah agro wisata serta perkebunan kayu putih merupakan andalan Desa Tonjong.

“Desa Tonjong terletak paling selatan di wilayah Kabupaten Cirebon, dimana Tonjong merupakan desa perbatasan dengan Kabupaten Brebes serta Kabupaten Kuningan,” kata Yuherna, Rabu (14/7/2021).

Menurut Kuwu Yuherna, Pihak Pemdes Tonjong membutuhkan sentuhan dari pemerintah pusat dalam mengembangkan  Desa Tonjong menjadi desa yang mempunyai agro wisata di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

Dia berharap adanya peran serta pemerintah serta swasta, Provinsi Jawa Barat serta Pemkab Cirebon bisa saling bersinergi dalam memberikan support baik berupa dana, pelatihan, bimbingan ilmu serta pengembangan potensi alam  di Desa Tonjong tersebut. “Ke depan Desa Tonjong bisa mendatangkan PAD desa dan PAD Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

Selain Desa Tonjong, ada potensi alam yang sangat luar biasa di Desa Cigobang  yaitu berupa mata air Jambe Racak. Sumber mata air tersebut tidak habis-habis walau di musim kemarau. “Sumber daya air yang melimpah kalau dikembangkan menjadi kawasan wisata air bisa mendatangkan PAD  desa setempat,” kata Kuwu Cigobang, Inan.

Menurut Kuwu Inan, untuk membangun wisata air yang nantinya bisa mendatangkan PAD tersebut harus ada campur tangan dari pemerintah pusat, Pemprov Jabar, Pemkab Cirebon serta pihak swasta bisa memberikan terobosan.

“Investor di wilayah Kecamatan Pasaleman  sangat dibutuhkan dalam rangka mengembangkan potensi alam dan bisa mengembangkan Kecamatan Pasaleman bisa lebih maju dan bisa ramai di kemudian hari,” jelasnya.

BACA JUGA: Pilwu Serentak Tunggu Inmen Pasca-PPKM Darurat

Dijelaskan, sarana jalan dan penerang jalan umum di wilayah Pasaleman sudah ada mulai memasuki Kecamatan Pasaleman (Desa Cilengkrang) sampai di setiap desa di kecamatan ini. Kecamatan Pasaleman memiliki wilayah administrative sebanyak 7 desa. Masing-masing memunyai potensi dalam mengembangkan desa supaya bisa maju dan memiliki PAD desa.

Camat Pasaleman, Wawan Arif Gunawan siap akan duduk bareng untuk berdiskusi dalam mengembangkan potensi alam yang ada di wilayah Kecamatan Pasaleman, sehingga ke depan wilayah Pasaleman bisa ramai dan maju. (Dedi)

Comment