by

Pemdes Dukuh Normalisasi Kalen

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa Dukuh, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, melakukan normalisasi Sungai Kalen (saluran) yang berada di Blok III RT 02/06. Normalisasi dilakukan dengan pengerukan menggunakan alat berat.

Kuwu Dukuh, Muhammad Bisri mengatakan, pengerukan Sungai Kalen sangat bermanfaat bagi Kelompok Tani Ikan Balong Seribu.

“Pengerukan ini bertujuan agar kebutuhan air untuk Kelompok Tani Ikan Balong Seribu khususnya dan masyarakat sekitar bsa terpenuhi dengan baik, terutama saat musim kemarau,” kata Bisri, Rabu (28/7/2021).

Diakui Bisri, selama ini saluran Kalen tersebut sudah sangat dangkal dan hampir tertutup lumpur serta rumput.

“Hampir tidak terlihat saluran maka dari kami normalisasi kalen tersebut. Selain itu juga normalisasi ini dalam rangka antisipasi banjir ketika musim penghujan datang,” ujarnya.

BACA JUGA: TPS Darurat Pasar Ciledug Manfaatkan Lahan Parkir

Pihaknya berharap, dengan normalisasi Sungai Kalen menjadi lebar lagi dan pendangkalan sungai teratasi, sehingga sampah-sampah tidak menghambat aliran sungai. Ia mengimbau warga bersama-sama menjaga sungai dengan tidak buang sampah ke sungai lagi supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Selain normalisasi kami bersama warga selalu membersihkan aliran sungai lainnya supaya lancar airnya, karena sungai secara tidak langsung juga mendukung kelancaran perekonomian masyarakat setempat. Hal ini sebagian besar masyarakat mata pencaharian dengan bertani dan petambak ikan,” pungkasnya.  (Vicky)

Comment