by

Azis: Tempat Isoman Jangan Munculkan Persoalan Baru

KOTA CIREBON, SC- Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis mengapresiasi usulan gedung DPRD menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19 kategori orang tanpa gejala atau yang bergejala ringan.

Menurut Azis, usulan tersebut sebagai bukti kepedulian yang nyata dari anggota DPRD Kota Cirebon terhadap warga yang terpapar Covid-19. Ia mengakui, Pemkot Cirebon dan Satuan Tugas Covid-19 masih sangat membutuhkan tempat yang tepat untuk dijadikan tempat isolasi mandiri.

“Saya kira itu bentuk kepedulian yang nyata dari teman-teman DPRD Kota Cirebon, namun demikian tentunya harus disesuaikan apakah memang memenuhi persyaratan gedung dewan ini dijadikan (tempat) isolasi mandiri pasien,” kata Azis kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Azis mengatakan, menyiapkan suatu gedung untuk dijadikan tempat isolasi mandiri pasien Covid-19  tanpa gejala ataupun bergejala ringan harus diperhitungkan dengan matang.

“Selain memenuhi syarat atau tidak, pelaksanaannya pun juga harus dipertimbangkan jangan sampai menjadi persoalan yang baru,” kata Azis.

Sampai sekarang ini, Azis mengaku, belum ada pembahasan yang lebih mendalam soal usulan gedung DPRD menjadi tempat isoman. Karena hal tersebut baru usulan dari pimpinan DPRD setempat.

Saat disinggung soal fasilitas umum lainnya bisa dijadikan tempat isoman atau tidak, menurut Azis, tidak menutup kemungkinan fasilitas yang dimiliki Pemkot dapat dijadikan tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

“Tidak menutup kemungkinan beberapa fasilitas lainnya seperti Gedung Bakorwil, Stadion Bima akan dijadikan tempat isolasi mandiri pasien, tergantung melihat perkembangan kasus Covid-19 di Kota Cirebon,” ujar Azis.

BACA JUGA: Rekrutmen Nakes Belum Penuhi Kuota

Sebagai kepala daerah, Azis mengaku tidak ingin terjadi sesuatu hal yang di luar dugaan. Untuk itu, ia mengajak warganya agar mematuhi protokol kesehatan dan peraturan yang ada di PPKM Level 4.

“Memang kami membutuhkan tempat isolasi mandiri. Karena dengan banyaknya warga yang terpapar tanpa gejala dan kami fasilitasi pelayanan tentunya potensi penyebaran akan menurun,” tandasnya. (Surya)

Comment