by

Partisipasi Vaksinasi di Desa Gagasari Meningkat

KABUPATEN CIREBON, SC- Antusias masyarakat Desa Gagasari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon untuk mendapatkan vaksin Covid-19 meningkat. Hal itu terlihat saat vaksinasi yang dilakukan tenaga kesehatan  Puskesmas Kalimaro, di desa setempat, Rabu (4/8/2021).

Kepala Puskesmas Kalimaro, Witono, menyampaikan kegiatan vaksinasi di Desa Gagasari merupakan bagian kegiatan road show Puskesmas Kalimaro yang rutin dilaksanakan untuk memberikan vaskinasi bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

Menurut Witono, vaksinasi di Desa Gagasari merupakan suntikan dosis kedua dan melanjutkan vaksinasi sebelumnya bagi masyarakat umum.

Dikatannya pula, saat ini banyak masyarakat yang di awal kegiatan vaksinasi tidak hadir, namun di saat pelaksanaan vaksinasi dosis dua di Gagasari datang.

“Banyak di antara masyarakat yang datang belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama namun meminta untuk divaksin. Kami prioritaskan terlebih dahulu yang dosis dua dan akan kami jadwalkan ulang bagi yang ingin divaksinasi setelah selesainya dosis dua ini,” kata Witono kepada Suara Cirebon.

Menurutnya dengan berjalannya waktu, di setiap road show Puskesmas Kalimaro di lima desa yang merupakan wilayah kerjanya, partisipasi masyarakat mengalami peningkatan yang cukup baik, meskipun belum begitu signifikan.

“Tentunya kami apresiasi. Ini berkat  peran aktif semua pihak dalam memberikan sosialisasi pentingnya mendapatkan vaskinasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Antusiasme masyarakat untuk mendapat vaksin, menurut Witono, merupakan bukti nyata Pemdes dan pihak terkait dalam memberikan edukasi.

“Edukasi kepada masyarakat membuahkan hasil, terlebih warga sudah tidak takut lagi untuk divaksin, dan mereka banyak yang  mendatangi tempat diadakannya kegiatan vaksinasi,” ujarnya.

Dikatakannya, masyarakat jangan takut dan khawatir akan ketersedian stok vaksin di Puskesmas Kalimaro.

“Insyaallah, kalau stok masih aman,” katanya.

Sementara itu, Kuwu Gagasari, Syarif Abdullah mengatakan, masyarakat Gagasari semakin hari semakin antusias untuk mendapatkan vaskin. Hal itu, menurut Syarif, terlihat saat vaksinasi dosis kedua dimana banyak warga yang belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama tetapi datang ke lokasi.

“Kami bersama Satgas Covid-19 tingkat desa maupun tim kesehatan selalu intens memberikan sosialisasi akan pentingnya mendapatkan vaskinasi kepada masyarakat,” ujar Syarif.

BACA JUGA: Upaya Nyata Grup Mantan Covid-19, Bantu Cari Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

Menurut Syarif, vaksinasi merupakan salah satu upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Meski sudah divaksin, ia mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M.

“Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan kita dapat hidup normal kembali,” pungkasnya. (Baim)

Comment