by

HUT ke-76 Jabar, Kuatkan Kebersamaan untuk Tetap Juara

KABUPATEN CIREBON, SC- Pandemi Covid-19 masih terjadi sampai saat ini. Hal tersebut membuat pelaksanaan HUT ke 76 Provinsi Jawa Barat dilaksanakan di tengah kondisi keprihatinan. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat, H Ridwan Kamil kepada Bupati, Wakil Bupati dan Wali Kota, Wakil Wali Kota se-Jawa Barat yang mengikuti pelaksanaan HUT ke 76 Provinsi Jawa Barat secara daring, Kamis (19/8/2021).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menyebutkan, selama 76 tahun ini Jawa Barat menunjukkan indikator yang baik, Terutama dalam hal pembangunan. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2020 mencapai 72,09 atau meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 72,03.

“Peringatan ini sangat bermakna karena hanya berselang dua hari dengan hari Kemerdekaan Indonesia,” ujar Kang Emil.

Emil mengatakan, secara makro pembangunan di Jawa Barat menjukkan indikator yang sangat baik.

“Dalam rentang 76 tahun perlu saya sampaikan, pembangunan di Jawa Barat menunjukkan indikator-indikator yang sangat baik secara makro. Di hari ini, penduduk Jawa Barat hampir 50 juta jiwa atau hampir 20 persen penduduk Indonesia,” kata Emil.

Kemudian,  rasio investasi kapital modal terhadap output Jabar juga setara dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) seperti Malaysia hingga Thailand. Indeks ketimpangan atau Gini Rasio hanya 0,39 poin.

“Nilai investasi Jabar menempati skor 4 persen pada tahun 2020 itu adalah rasio investasi kapital modal terhadap outpout yang hampir setara nilainya dengan investasi di Filipina, Malaysia dan Thailand. Menunjukkan skala indeks kita setara dengan negara-negara ASEAN. Indeks ketimpangan Gini Rasio hanya 0,39 poin,” katanya.

Ia mengatakan, menjelang tiga tahun kepemimpinan dirinya dengan Wakil Gubernur, Uu Ruzhanul Ulum, sejumlah janji politik pada saat kampanye sudah dapat dituntaskan. Hal itu, terlaksana berkat adanya kolaborasi yang baik dari seluruh pihak.

BACA JUGA: HIMPPAS Jungjang Pilih Walk Out

Menurut Emil, selama kurun waktu tiga tahun ini, Jawa Barat sudah meraih penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional sebanyak 139 penghargaan. Ia meminta kepada semua pihak agar tetap menguatkan kebersamaan yang telah terbangun guna menjadikan Jawa Barat tetap juara.

“Kuatkan kebersamaan untuk tetap juara, sebagai tema dalam mengarungi masa pandemi Covid-19,” tegasnya.

Pelaksanaan HUT ke 76 Provinsi Jawa Barat tersebut juga diikuti oleh Bupati Cirebon, H Imron MAg didampingi Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H Mohammad Luthfi. Selain itu, tampak hadir Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Cirebon, Nunung Roosmini, mengikuti pelaksanaan HUT ke-76 Provinsi Jawa Barat secara virtual di Pendopo Bupati, Jalan Kartini Kota Cirebon. (Islah)

Comment