by

Stok Vaksin di Kota Cirebon Menipis

KOTA CIREBON, SC- Stok dosis vaksin yang dimiliki Pemerintah Kota Cirebon tersisa 4.000 dosis. Jumlah tersebut, sudah dialokasikan untuk vaksinasi dosis kedua di beberapa intansi dengan jadwal vaksinasi masih belum ditentukan. Padahal, agar dapat membentuk kelompok kekebalan tubuh (herd immunity) dalam waktu cepat Pemkota Cirebon menargetkan vaksinasi 5.000 dosis per hari. Hal itu dikemukakan Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi.

“Stok vaksin yang dimiliki kami sudah mulai habis dan sudah dialokasikan semua. Tapi belum tahu pasti ketersediaan vaksin di TNI dan Polri masih ada atau tidak,” kata Agus, Jumat (20/8/2021).

Terkait ketersediaan vaksin yang menipis, pihaknya meminta Dinas Kesehatan agar segera mengajukan penambahan stok kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Dinkes sudah kami arahkan agar mengajukan, karena akhir Agustus ini dosis vaksin sudah abis,” kata Agus.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya belum bisa menambah sasaran sampai vaksin tambahan datang.

“Kami tunggu vaksin tambahan dulu, sementara kami belum bisa tentukan sebelum vaksin dikirim dari Pemprov Jabar,” kata dia.

BACA JUGA: BOR di RSD Gunung Jati Cirebon Menurun

Dengan target 5.000 dosis per hari, lanjut Agus, vaksinasi di Kota Cirebon sudah mencapai 49 persen. Dia optimistis kekebalan kelompok atau herd immunity pada akhir tahun bisa tercapai.

“Dengan kecepatan vaksinasi yang kami lakukan, semoga target herd immunity di akhir tahun dapat tercapai,” pungkasnya. (Surya)

Comment