by

Dishub Kota Cirebon Siap Gandeng Komunitas, Parkir di Jalur Sepeda Ban Bakal Dikempesin

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon telah menyiapkan jalur khusus sepeda yang berada di Jalan Siliwangi. Dalam beberapa kesempatan, Dishub melakukan sosialisasi agar masyarakat tidak memikirkan kendaraan di jalur sepeda tersebut.

Namun, imbauan Dishub tersebut, tidak dindahkan masyarakat. Hal itu terlihat dari masih banyaknya kendaraan roda dua atau empat yang parkir di jalur sepeda tersebut.

Kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, banyaknya pengendara yang masih parkir di jalur sepeda, karena minimnya lahan parkir di jalan Siliwangi.

“Kendalanya lahan parkir di Jalan Siliwangi memang masih sangat kurang jadi lebih banyak masyarakat yang memakirkan kendaraan di pinggir jalan. Ini menjadi bahan evaluasi kami,” kata Andi kepada wartawan seusai sosialisasi prokes di Jalan Kartini, Senin (20/9/2021).

Andi menambahkan, sosialisasi kepada masyarakat tetap akan terus dilakukan. Menurutnya, ketika ada kebijakan baru harus diimbangi dengan sosialisasi.

“Karena pada intinya masyarakat itu paham bahwa itu jalur sepeda yang diperuntukkan untuk sepeda bukan kendaraan lainnya apalagi untuk parkir,” katanya.

Selain banyaknya kendaraan yang parkir di jalur sepeda, lanjut Andi, ada pedagang kaki lima (PKL) yang mangkal di jalur sepeda itu. Menurutnya hal itu pun menjadi bahan evaluasi Dishub.

“Kami terus mengimbau dan kita akan lakukan upaya-upaya penegakkannya kempesin ban atau penggembokan kendaraan,” kata Andi.

Pihaknya tidak akan melakukan penindakan tersebut manakala masyarakat taat dan patuh terhadap aturan yang sudah ditetapkan sebagai khusus jalur sepeda.

Untuk memelihara jalur sepeda, sambung Andi, selain menggandeng Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota, Dishub akan menggandeng komunitas sepeda.

Pantauan Suara Cirebon masih banyak kendaraan roda dua atau empat yang parkir di jalur sepeda yang berada di Jalan Siliwangi. Sejumlah kendaraan hanya parkir sebentar, sementara banyak juga yang parkir cukup lama. (Surya)

Comment