by

Transformasi IAIN Cirebon ke UISSI, Sekjen Kemenag RI: yang Pertama dan Tiada Tandingannya

CIREBON, SC- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI, Nizar Ali mendukung sekaligus menyambut baik transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI).

Hal itu seperti dikatakan dia saat FGD Transformasi Kelembagaan IAIN ke UISSI dan Staker PNBP ke BLU di IAIN Syekh Nurjati di kampus setempat, Kamis (23/9/2021).

“Saya menyambut baik hal ini, segera semua disiapkan dengan baik. Transformasi kelembagaan ini seiring dengan transformasi keuangannya, dari PNBP menuju BLU,” katanya.

Untuk itu, Nizar mengungkapkan, semua stakeholdersĀ Kemenag mensupport persiapan transformasi IAIN menuju UISSI. Karena, kampus ini adalah yang pertama dan tentu tidak ada tandingnya.

BACA JUGA: Dari UISSI hingga BLU, LPM Bahas Agenda Besar IAIN Cirebon

Nizar meminta, seluruh jajaran pejabat dan civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon segera menyiapkan tata kelola semuanya dengan baik. Sehingga, ekspektasi Kemenag terpenuhi dengan baik.

“Model pembelajaran daring nantinya akan terkoneksi ke Jakarta (pusat) dan luringnya terpusat di kampus IAIN Syekh Nurjati, Cirebon,” jelas Nizar.

Nizar mengingatkan, tanggungjawab menuju UISSI ini tidak mudah merealisasikannya dan perlu kerja keras bersama.

“Saya harap, Ditjen Pendis dapat terus memantau dan mendampingi IAIN Syekh Nurjati,” harapnya.

Syarat menjadi smart university, Menurut Nizar, minimal ada tiga. Yaitu, infrastruktur kampus, ketersediaan SDM yang menguasai IT, dan aplikasi sistem.

“Para dosen harus meng-update keilmuan IT-nya. Karena core-nya adalah PJJ (pendidikan jarak jauh), maka diperbaiki dan diperkuat sistem teknologinya. Kampus harus memiliki pembeda dari kampus lain, sebagai ciri khas yang berbasis IT,” tegas Nizar.

Sementara, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menyampaikan, rasa terima kasih kepada jajaran pejabat Kementerian Agama yang telah mensupport kampus yang berada di Kota Udang ini menuju UISSI. Dukungan terus berdatangan, baik dari internal Kementerian Agama maupun dari eksternal.

BACA JUGA: Persiapan Transformasi Menjadi UISSI, Komisi VIII DPR RI Kunjungi IAIN Cirebon

“Kampus mendapatkan dukungan baik dari eksternal dan internal. Baru-baru ini, ada kunjungan kerja dari Komisi VIII DPR RI, memberikan mendukung transformasi menuju UISSI. Ini adalah upaya inovatif Kemenag ingin menerobos dunia dari pembelajaran luring dan daring,” kata Sumanta Hasyim.

FGD Transformasi Kelembagaan IAIN ke UISSI dan Staker PNBP ke BLU di IAIN Syekh Nurjati ini juga dihadiri oleh Karo Keuangan dan BMN, Subarja, Kakanwil Kemenag Jawa Barat, Adib, Kankemenag Kab/Kota Cirebon, dan sejumlah pejabatĀ IAIN Cirebon Syekh Nurjati, Cirebon. (Ril)

Comment