by

Vaksinasi tak Sebanding dengan Stok Vaksin

CIREBON, SC- Angka warga yang sudah mendapat vaksin Covid-19 di Kota Cirebon terus mengalami peningkatan. Menurut data Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Cirebon masuk dalam peringkat kedua dalam percepatan vaksinasi.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, setiap harinya jumlah masyarakat yang divaksin terus meningkat. Namun, antusiasme masyarakat Kota Cirebon untuk mendapat vaksin Covid-19, tidak sebanding dengan jumlah stok vaksin yang kian menipis.

Untuk mengatasi hal tersebut, menurut Agus, Pemkot Cirebon sudah mengajukan penambahan dosis vaksin ke Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

“Akibatnya, vaksinasi untuk dosis kedua ada beberapa yang tertunda, karena stok vaksin sudah mulai menipis. Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan 20 ribu vaksin tambahan buat Pemkot, sisanya tambahan dari TNI dan Polri, mudah-mudahan datang minggu ini,” kata Agus kepada wartawan, Kamis (23/9/2021).

BACA JUGA: Soal Provinsi Cirebon, Azis: NO! Affiati: YES!

Agus menyebutkan, sebanyak 97 ribu dosis vaksin yang sudah diajukan Pemkot Cirebon ke Kementerian Kesehatan.

Secara progres, lanjut Sekda, vaksinasi di Kota Cirebon baru mencapai 68 persen. Jumlah tersebut merupakan akumulatif orang yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama dan kedua.

“Dari 68 persen ini, perkiraannya 15 persen warga luar Kota Cirebon sisanya 50 persen warga asli Kota Cirebon yang sudah divaksin. Semoga terus meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis mengatakan, distribusi vaksin Covid-19 ke daerah perlu dipercepat. Hal itu agar ketersediaan vaksin dapat mencukupi target sasaran vaksinasi yang telah ditetapkan.

“Di Kota Cirebon capaian vaksinasi Covid-19 sudah menembus 68 persen. Yang menjadi permasalahan, Kota Cirebon merupakan kota yang didatangi banyak warga di sekitar Cirebon,” tutur Azis.

Untuk itu, lanjut Walikota Azis, vaksinasi Covid-19 perlu dipercepat untuk terbentuknya kekebalan komunitas (herd immunity).

“Meski kekurangan vaksin, saya bersyukur karena dengan sinergi yang baik dengan TNI/Polri dan berbagai instansi lainnya, vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon bisa dipercepat,” ujarnya. (Surya)

Comment