by

Berada di Dataran Paling Tinggi, Pasir Salawe Kertawangun Potensial untuk Wisata Paralayang

BERADA di dataran tinggi, Desa Kertawangun, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, menyimpan sejumlah kekayaan berupa keindahan alam yang dapat menjadi daya tarik pariwisata, salah satunya, objek wisata Pasir Salawe yang berpotensi menjadi lokasi paralayang.

Didukung panorama yang indah dan sejuk, objek wisata Pasir Salawe Desa Kertawangun, diyakini dapat menjadi destinasi bagi para wisatawan lokal maupun domestik yang ingin menjajal olahraga paralayang.

Hal itu dikemukakan Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih saat  melakukan kunjung ke objek wisata Pasir Salawe Desa Kertawangun, Kecamatan Sedong, Kamis (7/10/2021).

Wabup Ayu, sapaan akrabnya mengatakan, Desa Kertawangun, merupakan salah satu desa di Kabupaten Cirebon yang secara geografis berbatasan dengan Kabupaten Kuningan dan datarannya paling tinggi dibanding dengan desa yang lainya.

Dengan panorama alamnya yang sangat indah, keberadaan objek wisata Pasir Selawe akan memberikan keuntungan untuk masyarakat di sekitarnya.

“Dengan adanya objek wisata paralayang tentunya  akan meningkatkan perekonomian desa sekitar, terlebih lagi untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah. Akan tetapi kita lihat apakah memenuhi persyaratan untuk  dijadikan daerah wisata,” ujar Ayu kepada Suara Cirebon.

Ayu mengaku sangat konsens dan berencana akan mengonsultasikan hal tersebut, dengan pihak-pihak terkait termasuk pemerintahan pusat. Menurut Ayu, yang harus diperhatikan dan  dibutuhkan saat ini, adalah adanya keseriusan dan komitmen bersama dari jajaran pemerintahan desa, BPD, tokoh masyarakat untuk membangun Desa Kertawangun ke dapan lebih baik dan maju lagi.

Sementara itu, Kuwu Kertawangun, Mastidja mengucapkan banyak  berterima kasih kepada Wabup Ayu, yang dapat hadir di desanya untuk melihat potensi yang dapat dijadikan sebagai sesuatu yang dapat membawa kesejahteraan masyarakat setempat.

BACA JUGA: Inovasi Program Pengentasan Kemiskinan Kabupaten Cirebon, Simnangkis-Simiskinrangga 45 Besar KIJB Jabar

Pihaknya mengharapkan dukungan dari Pemkab Cirebon, agar lokasi Paralayang Pasir Salalawe di Desa Kertawangun, menjadi salah satu destinasi wisata yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Besar harapan kami agar Pemkab Cirebon, mensupport Desa Kertawangun, menjadi desa yang memiliki destinasi wisata yang pontensial, ini yang menjadi  harapan masyarakat,” ujarnya.

Mastidja mengatakan, desanya sudah pernah dikunjungi  Bupati Cirebon, H. Imron beserta anggota DPR belum lama ini, namun hingga kini belum ada tindak lanjutnya.

“Untuk itu, harapan kami mohon kepada pemerintah daerah agar benar-benar memperjuangkan desa kami, sehingga harapan tersebut benar-benar dapat terwujud,” pintanya.

Turut  hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sedong beserta jajaranya, PAC PDI Perjuangan Kecamatan Sedong dan Pejuang Siliwangi Kabupaten Cirebon yang dikomandoi Mustamid. A.M, S.Pd., S.H., M.H.  sekaligus Direktur LBH Sunan Gunung Jati Indonesia. (Baim)

Comment