by

Dinkes Kabupaten Cirebon Optimistis Masyarakat Bisa Hadapi Pancaroba

CIREBON, SC- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon optimis petugas kesehatan dapat melewati masa perubahan cuaca ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan langsung Kadinkes Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni, terkait pancaroba yang selalu ada setiap tahun. Mengingat ini pancaroba kedua bersama Pandemi, dirinya yakin baik tenaga kesehatan (nakes) ataupun masyarakat Kabupaten Cirebon dapat melewatinya.

“Pancaroba setiap tahun kan pasti dan apalagi saat ini sedang musim pandemi dan tahun kemarin sudah, Tahun ini teman-teman sudah siap,” ujar Enny, Minggu (10/10/2021).

Enny mengimbau agar masyarakat turut berperan dalam menangani masalah ini. Karena, jika hanya Dinkes dan nakes tanpa koordinasi dengan masyarakat, maka tidak akan terjalin keselarasan.

“Masyarakat juga harus siap dan bekerja sama menjaga kebersihan dan 5M, tidak hanya nakes,” tuturnya.

BACA JUGA: Bidan Desa Ditarget Vaksinasi 36 Lansia Per Hari

Karenanya, dengan menjaga kebersihan juga dapat dari daftar penyakit musim pancaroba, di antranya, diare dan Demam Berdara Dengue (DBD), yang diakibatkan okeh adanya genangan air.

“Jika masyarakat tidak menindaklanjuti genangan yang ada di sekitar rumah dengan melakukan PSN atau pemberantasan sarang nyamuk, maka akan muncul jentik-jentik nyamuk,” jelasnya.

Dirinya juga menuturkan, perlu kerja sama seluruh pihak terutama rekan-rekan media. (Sarrah/Job)

Comment