by

Tukang Becak Kalahkan Calon Kuwu Petahana

KABUPATEN CIREBON, SC- Pelaksanaan pemilihan kuwu (Pilwu) serentak tahun 2021 di Kabupaten Cirebon telah berlangsung pada Minggu (21/11/2021) kemarin.

Sebanyak 135 desa menggelar pelaksanaan pilwu dengan jumlah calon kuwu dua hingga lima di tiap desa. Latar belakang calon kuwu pun beragam, mulai kuwu petahana, aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pensiunan PNS, pensiunan TNI/Polri, hingga aktivis dan tukang becak.

Seperti pada Pilwu di Desa Jungjang, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, dimana satu dari lima calon kuwu yang bertarung dalam pesta demokrasi tersebut, merupakan seorang tukang becak bernama Kasmin. Uniknya, ia mampu memenangkan perolehan suaranya, mengungguli empat calon lainnya yang latar belakangnya hebat-hebat, termasuk petahana.

Menurut hasil realcount Pilwu Desa Jungjang, Kasmin berhasil menjadi pemenang dengan meraih suara sebanyak 2.072. Kasmin mengalahkan calon kuwu petahana, Sutrisno yang berada di urutan kedua dengan raihan suara sebanyak 1.828. Kemudian disusul H. Nasron sebanyak 1.485 suara di posisi ketiga. Lalu di posisi ke empat ada Bandanuji dengan meriaih suara sebanyak 469 dan diposisi terakhir ada nama Toto Sugiharto dengan memperoleh 64 suara.

Kasmin pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Jungjang yang sudah mempercayakan tongkat kepemimpinan desa kepada dirinya.

“Terima kasih banyak kepada masyarakat Desa Jungjang yang sudah mempercayakan kepada saya sebagai Kuwu, saya akan bekerja keras untuk membenahi desa dengan semangat kebersamaan,” ujar Kasmin, Minggu (21/11/2021).

Sebelumnya, Kasmin mengaku mendapat dukungan penuh maju dalam perhelatan Pilwu tahun 2021  bukan hanya dari teman seprofesinya sebagai tukang becak saja, tetapi dari masyarakat Blok Karanganyar desa setempat.

“Alhamdulillah dukungan dari masyarakat sangat kuat. Saya merasa terharu dengan kekompakan mereka mendukung saya. Mereka secara sukarela membantu dengan cara urunan untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama tahapan hingga pelaksanaan Pilwu nanti,” ujar pria yang dikarunia 5 orang anak itu, belum lama ini.

Sementara itu, salah seorang warga Blok Karanganyar, Makrus (46) mengatakan, dukungan yang ia berikan kepada Kasmin bukan hanya secara lahir, tapi juga secara batin. Pasalnya, kata dia, saat ini Desa Jungjang membutuhkan sosok pemimpin yang jujur, merakyat dan melayani.

“Saya melihat figur pemimpin yang dibutuhkan Desa Jungjang ya ada pada sosok Pak Kasmin ini,” ujarnya.

BACA JUGA: Semua Saksi Terima Hasil Pilwu Desa Setu Kulon

Di tempat yang sama, rekan sesama tukang becak asal desa setempat, Sambudi (48) menjelaskan, dukungan materi yang diberikan masyarakat kepada calon Kuwu Kasmin dilakukan secara urunan. Hal itu dilakukan, karena masyarakat tahu betul dengan kondisi keuangan calon yang tidak memungkinkan. Masyarakat memahami kondisi calon Kuwu yang profesinya hanya sebagai tukang becak.

“Tinggalnya juga masih di kontrakan Blok Karanganyar Desa Jungjang. Dia biasa mangkal nyari penumpang di Pasar Jungjang Arjawinangun. Setiap hari dia sudah mulai narik becak sejak pukul 4 subuh dan pulang ke rumah pukul 12.00 siang,” terangnya. (Islah)

Comment