by

Pelatihan Keterampilan PKK Desa

KABUPATEN CIREBON, SC- Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon menggelar pertemuan rutin antar PKK se-Kecamatan Klangenan, berlangsung di aula kantor Desa Danawinangun, Rabu (24/11).

“Ini adalah pertemuan rutin antar PKK yang biasa dilaksanakan setiap satu bulan sekali tingkat kecamatan,” kata Ketua TP PKK Kecamatan Klangenan, Hj. Oom Romlah kepada Suara Cirebon.

Menurut Oom, untuk pelaksanaannya bergilir dari satu desa ke desa yang lain kebetulan dalam program kerja Tim Penggerak PKK Kecamatan ada yang namanya pendidikan keterampilan yang termasuk pada Pokja dua, dimana di sana pihaknya memberikan keterampilan kepada ibu-ibu PKK.

“Tujuannya supaya ibu-ibu PKK ini menjadi ibu rumah tangga tetapi dia juga bisa memberdayakan diri untuk memberikan penghasilan lebih dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tetapi dalam lingkup rumah,” katanya.

TP PKK Kecamatan Klangenan dalam tahun ini menyelenggarakan 3 keterampilan. Seperti menata baki lamaran yang menggunakan rotan kemudian membuat buket bunga dan keterampilan membuat masakan yang diperuntukan untuk orang-orang yang terdampak Covid.

Tujuan diadakan keterampilan ini, lanjut Oom, untuk meningkatkan pendapatan keluarga dimana ibu-ibu yang terampil dia bisa mengembangkan diri sehingga nanti meningkatkan potensi dirinya untuk lebih berkembang dan memberdayakan diri, memberdayakan PKK ini apa fungsi PKK dan apa arti PKK bagi masyarakat.

“Saya berharap ibu-ibu itu meskipun berada di rumah tapi mereka bisa memberikan kontribusi terhadap keluarganya untuk meningkatkan pendapatan di keluarganya,” katanya.

BACA JUGA: Becak Kuwu Terpilih Bakal Dijadikan Monumen, Ditempatkan di Depan Kantor Desa Jungjang

Kuwu Danawinangun, Maman Sukarman mengatakan, acara rutin TP PKK Kecamatan Klangenan berjalan triwulan sekali yang jadwalnya bergiliran dan di Desa Danawinangun mendapatkan giliran terakhir. Dan dari kegiatan PKK ini dilaksanakan suatu arisan yang artinya setiap pertemuan dilaksanakan arisan dan hasil arisan tersebut digunakan untuk PKK.

Menurut Maman, dengan dilaksanakan PKK ini ada keaktifan TP PKK tingkat kecamatan, desa dan juga ada dari posyandu di masing-masing desa digerakkan untuk semua kegiatan ini, dalam kegiatan PKK ini membuat suatu kerajinan.

“Saya berharap agar ada kerja sama yang baik antara PKK per desa menjadi salah satu wadah dari tingkat kecamatan,” ungkapnya. (Narsita/Vicky)

Comment