by

Vaksinasi di Kecamatan Weru belum Capai Target

CIREBON, SC-  Organisasi massa Tim Indonesia Pasti Bisa bersama Polresta Cirebon serta Pemerintah Kecamatan Weru melaksanakan percepatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di aula Kantor Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Selasa (7/12/2021).

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, melalui Kapolsek Weru, Kompol Endang Kusnandar  mengatakan, karena capaian vaksinasi khususnya di Kabupaten Cirebon adalah paling rendah di seluruh Jawa Barat, ormas Tim Indonesia Pasti Bisa memberikan vaksin pertama sebanyak 250 ribu se-Kabupaten Cirebon.

“Semua jajaran ikut melakaanakan karena berkenaan dengan pencapaian vaksinasi yang hingga saat ini khususnya wilayah Kecamatan Weru belum mencapai 70 persen, jadi digenjot selama 17 hari ke depan dimulai pada hari ini,” katanya.

Menurutnya, capaian vaksinasi pada akhir tahun nanti diharap sudah mencapai 70 persen. Pihaknya melakukan vaksinasi setiap hari secara bergantian ke desa-desa yang ada di Kecamatan Weru.

“Karena capaian vaksinasi di Weru hingga saat ini berdasarkan NIK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil masih sekitar 69 persen,” katanya.

BACA JUGA: Pembongkaran Pasar Jungjang Ricuh

Untuk target setiap desa, menurut Kapolsek, dalam sehari 300 vaksin dosis pertama bisa disuntikkan ke warga.

“Ada beberapa langkah yang kami lakukan seperti berkordinasi dengan pemerintah desa beserta RT RW dengan membuat grup WA untuk informasi dan komunikasi serta koordinasi agar para kadus RT RW agar memberikan informasi dan imbauan kepada masyarakat yang belum divaksin agar mengikuti vaksinasi,” ujarnya.

Selain langkah tersebut, pihaknya juga melakukan operasi yustisi. Aparat, menurut Endang, tidak menanyakan kelengkapan surat-surat tetapi menyanyakan apakah orang tersebut sudah divaksin atau belum. Langkah tersebut, dinilai, akan lebih efektif.

“Saya berharap khususnya kepada masyarakat Kecamatan Weru bagi yang belum divaksin agar segera divaksin, karena salah satu cara untuk menanggulangi Covid-19 dengan kita divaksin demi membentuk herd immunity,” pungkasnya. (Vicky/Narsita)

Comment