by

SDN 1 Sambeng Laksanakan Vaksinasi COvid-19 Anak Usia di Bawah 12 Tahun

KABUPATEN CIREBON, SC- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sambeng, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan vaksinasi untuk usia di bawah 12 tahun dari kelas satu sampai kelas enam di mulai pukul 08.30 WIB,Rabu (12/01/2022).

Kepala SDN 1 Sambeng, Wardika, S.Sd., menjelaskan bahwa untuk vaksinasi di SDN 1 Sambeng, sebelumnya pelaksanaan terlebih dahulu ada pemberitahuan kepada anak-anak didik bahwa tanggal 12 akan ada vaksinasi hingga mereka ada persiapan.

“Jadi  diharapkan untuk sarapan dan harus didampingi sama orang tua masing-masing, karena vaksinasi tersebut dari kelas satu sampai kelas enam, itu juga yang tidak ada masalah dengan kesehatan, tapi anak-anak juga sebelum divaksin tetap dalam kondisi sehat,” kata Wardika.

BACA JUGA: Dihadiri Spiderman hingga Maskot Polantas, Murid SD Kenanga dan Tukmudal Kabupaten Cirebon Tak Takut Divaksin

Wardika bersyukur di SDN 1 Sambeng ini sebelum divaksin anak-anak juga mematuhi protokol kesehatan memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak karena di sekolah juga disediakan tempat untuk menunggu divaksin sehingga tidak berkerumunan sama orang tuanya .

Wardika berharap anak-anak ini bisa kebal dan menambah imun dengan mengikuti program vaksin untuk pembelajaran tatap muka.

“Kitu bisa dilaksanakan seratus persen dengan memenuhi protokol kesehatan. Jadi terutama harapannya anak-anak sehat dan termasuk kita sebagai gurunya,” jelasnya.

BACA JUGA: Ratusan Murid SDN 1 Kertawinangun Antusias Divaksin Covid-19

Selanjutnya, kata dia, agar anak-anak bisa paham tentang protokol kesehatannya baik di sekolah maupun di rumah sehingga masalah pendidikan itu betul-betul akan diterima dan akan nyampai di masyarakat khususnya warga belajar di SDN 1 Sambeng. Sebelumnya di zaman Covid-19 pun pembelajaran berjalan walaupun dengan jarak jauh.

“Dengan pembelajaran seratus persen kita sangat efektif dan sangat respon karena karakter-karakter anak dan masalah akhlak dan sikap sehingga bisa tahu persis yaitu dari pantauan-pantauan guru,” terang Wardika.

Dibandingkan dengan pembelajaran jarak jauh otomatis untuk memantau tentang karakter dan tentang akhlak dan sebagainya tidak terpantau. Karena pihaknya hanya menemui di kelompok-kelompok belajar yang sifatnya itu kurang efektif.

BACA JUGA: Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Targetkan Vaksinasi Covid-19 Anak Selesai 17 Januari

Diharapkan, dengan divaksin tersebut pembelajaran menjadi lancar, tidak ada hambatan bagi dirinya sebagai kepala sekolah di sini dan termasuk guru-guru.

Sementara itu, Kuwu Sambeng, Wara dalam tanggapannya menyampaikan, bagi pemerintah desa sangat berterimah kasih dengan adanya vaksinasi di setiap sekolahan. Termasuk di SDN 1 maupun SDN 2 Sambeng.

“Alhamdulillah sangat antusias murid-muridnya bersama orang tua yang mendampinginya. Karena tujuan divaksin tersebut agar bisa menambah imun, termasuk pencegahan,” kata Kuwu Wara.

BACA JUGA: Danrem 063/SGJ Tinjau Vaksinasi Covid-19 Anak

Kegiatan vaksinasi ini bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Mayung dan juga dari pihak kepolisian yang rutin hampir tiap minggu melayani masyarakat Sambeng.

Wara berharap dengan adanya vaksinasi baik di Sekolahan maupun di masyarakat Desa Sambeng semoga tidak ada yang kena Covid-19 dan tetap menjaga protokol kesehatan yaitu 5M, baik di tingkat sekolahan maupun masyarakat.(Narsita)

Comment