by

Sudah Dilantik Bupati Cirebon, Tugas Berat Menanti Kuwu PAW Gumulunglebak

KABUPATEN CIREBON, SC- Kuwu Pengganti Antar Waktu (PAW) Gumulunglebak, Kecamatan Greged harus berperan aktif dan mampu menjalankan roda pemerintahan desa setempat.

Kuwu PAW juga harus bisa menjadi motivator, creator, dan inovator pembangunan di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg saat melantik Kuwu PAW Gumulunglebak, Ahman Sodikin di ruang Paseban, Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (24/3/2022).

BACA JUGA: Ribuan Ruang Kelas di Kabupaten Cirebon Rusak, Tahun 2022 Disdik Rehab 308

Menurut Imron, Ahman Sodikin telah resmi menjabat sebagai Kuwu PAW Gumulunglebak dan secara otomatis resmi mengemban tugas serta bertanggungjawab sebagai kuwu.

“Sebagai kuwu, dia harus siap menjalankan roda pemerintahan Desa Gumulunglebak,” ujar Imron.

Ia meminta, agar PAW Kuwu Gumulunglebak yang baru dilantik mampu memberikan contoh yang baik kepada warganya. Selain itu, juga harus bisa bekerjasama dengan masyarakat dalam membangun desa dan menjalankan fungsinya sebagai kuwu.

BACA JUGA: Baru 3 Kecamatan, Pelayanan Adminduk di 13 Kecamatan Kabupaten Cirebon Lainnya Segera Dilaunching

“Kalau sinergitas dengan warga bisa tercipta, maka dengan sendirinya pembangunan akan berjalan lancar. Karena itu, eratkan kerjasama yang baik dengan masyarakat dan BPD. Semua harus sinergi demi terciptanya kondusifitas dalam membangun desa,” ucap Imron.

Ia menjelaskan, pemerintah desa mempunyai tugas menyelenggarakan pemerintahan yang disertai dengan hak, wewenang, dan kewajiban. Pemerintah desa (pemdes) bisa mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat.

“Dan ini pekerjaan yang tidak mudah,” terang Imron.

Untuk saat ini, imbuh Imron, pemdes juga harus berperan serta dalam penanganan Covid-19. Kuwu harus bisa menjembatani dan ikut serta membantu dalam menerapkan protokol kesehatan. Karena itu, kuwu harus bisa merangkul dan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA: Pencairan ADD Tahun 2022 Molor, DPMD Kabupaten Cirebon Akui Perbup ADD Belum Selesai

“Kuwu harus mengedepankan peran rakyat pada setiap aspek kehidupan, termasuk memfungsikan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa. Dan kuwu harus siap dikritik dan berbesar hati menerima kritikan warganya,” papar Imron.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengapresiasi panitia PAW, BPD, penjabat kuwu dan pihak terkait lainnya atas suksesnya semua tahapan dalam pelaksanaan PAW Kuwu Gumulunglebak. Pelantikan tersebut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan setempat, Ketua BPD, penjabat kuwu, dan Ketua Panitia PAW Kuwu Desa Gumulunglebak. (Islah)

Comment