by

Sambut Ramadhan, Santri Kempek Ziarah Sesepuh Ponpes

KABUPATEN CIREBON, SC- 10 hari jelang bulan suci Ramadhan, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Kempek mengadakan kegiatan ziarah ke makam para sesepuh yang berada di Desa Babakan, Desa Wiyong dan Blok Dukumire Desa Galagamba, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Ketua Rumah Pintar, Sofyan mengatakan, ziarah yang dilakukan kali ini merupakan kegiatan darmawisata yang ke-60 tahun.

“Artinya kegiatan ini sudah berjalan semenjak zaman kakek nenek kita terdahulu, jadi kita sebagai generasi harus tetap melestarikannya supaya jangan sampai nanti hilang,” kata Sofyan, Kamis (24/3/2022).

BACA JUGA: Ponpes Gedongan Jadi Pesantren Rujukan

Sofyan mengatakan, kegiatan jelang Ramadhan itu rutin diadakan setiap tahunnya. Menurutnya, acara dimulai dari Pondok Pesantren Kempek.

“Biasanya seminggu menjelang bulan Ramadhan itu di Pondok Pesantren Kempek itu ada khotmil Qur’an dan juz’ama. Setelah itu kiai dan para santri berziarah dari mulai Desa Babakan, Wiyong, KH Tarmidzi dan ke Blok Dukumire Desa Galagamba, karena di sini adalah makamnya sesepuh Pondok Pesantren Kempek,” ujarnya.

Ia bersyukur kegiatan itu disambut baik masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang bergabung dengan santri melakukan istighosah dan tahlil.

BACA JUGA: Silaturahim ke Ponpes Fat-hah Al Qudwah, Pemuda Samadikun Ditawari Program Keahlian

“Istighosah dan tahlil kali ini dipimpin langsung Kiai Nawawi. Tujuannya selain untuk mempererat tali silaturahmi juga untuk menyambut bulan suci Ramadhan serta syukuran para santri khotmil Qur’an dan juz’ama,” tandasnya. (Vicky)

Comment