by

Tebing Cimanis Kembali Longsor, Pipa Saluran Irigasi Terputus, Petani Terancam Kesulitan Air

KABUPATEN CIREBON, SC- Tebing Sungai Cimanis di Desa Beringin, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, longsor dan menyebabkan pipa penghubung saluran irigasi untuk pertanian di desa setempat putus.

Sekretaris Desa Beringin, Supriyadi mengatakan, longsornya tebing Sungai Cimanis itu terjadi setelah sungai meluap akibat tak mampu menampung debit air. Akibatnya, lanjut Supriyadi, pipa penghubung saluran irigasi untuk lahan pertanian di desa setempat dan sekitarnya terputus.

“Terputusnya pipa penghubung saluran pertanian tersebut, berdampak pada terhambatnya suplai air untuk puluhan hektare lahan pertanian di empat desa di dua kecamatan. Petani tentu akan kesulitan pasokan air, apalagi dua tiga bulan ke depan sudah musim kemarau,” kata Supriyadi kepada Suara Cirebon, Senin (28/3/2022).

BACA JUGA: Abrasi Sungai Ciwaringin, Empat Rumah Warga Terancam Ambruk

Supriyadi menjelaskan, di titik lokasi tersebut memang kerap mengalami longsor. Menurutnya, di awal sudah dilakukan upaya darurat oleh pihak pengeloaan sumber daya air (PSDA), akan tetapi upaya tersebut tidak berdampak positif.

“Belum lama ini, rumah pompa untuk penyuplai air bagi petani juga mengalami ambruk,” ujarnya.

Dikatakan Supriyadi, perlu adanya langkah konkret dalam menanggulangi permasalahan tersebut, mengingat kondisi saat ini sudah darurat. Dirinya pun menghawatirkan dampak terparah tergerusnya tebing Cimanis akan memutus jalan usaha tani yang sekarang mulai terkikis.

BACA JUGA: Ini Hasil Assesmen BPBD Kabupaten Cirebon Terkiat Longsor di Desa Belawa, 1 Rumah Terdampak, Rumah Lainnya Terancam

“Sekarang ini bukan lagi bicara tentang kewenangan siapa, namun perlu adanya tindakan nyata, karena ini sifatnya darurat,” ujar Supriyadi.

Menurutnya, masyarakat Desa Beringin sudah bosan selalu dihantui kekhawatiran Sungai Cimanis kembali meluap dan merendam permukiman setiap kali hujan dengan intensitas tinggi.

“Kami berharap agar segera direalisasikan perbaikan tanggul Cimanis ini, tolong jangan selalu mengandalkan ini kewenangan siapa, ini kewenangan siapa, ini darurat mohon segera direalisasikan agar tidak terjadi lagi banjir dan longsor ke depannya,” pungkasnya. (Baim)

Comment