by

Kota Sumber Bakal Miliki Tempat Parkir Terpadu

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemkab Cirebon berencana membangun tempat parkir terpadu (TPT) di lahan eks pasar darurat Sumber seluas 8.000 meter persegi. Rencananya, TPT akan dibangun tahun ini dengan alokasi anggaran sekitar Rp1,7 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Imam Ustadi mengatakan, pihaknya sudah membuat konsep dan perencanaan terkait lahan tersebut. Menurutnya, TPT tersebut diproyeksikan sebagai salah satu kantong parkir semua kegiatan yang nantinya bisa menjadi pendongkrak PAD.

“Lahan kosong ini akan kita manfaatkan, pertama untuk tempat parkir terpadu sehingga nanti tidak ada lagi parkir di badan jalan. Sehingga kawasan ibukota (Sumber, red) nanti akan lebih tertib dan indah,” kata Imam Ustadi, Rabu (30/3/2022).

BACA JUGA: Lima Tahun Lebih Mangkrak, Pembangunan Menara Masjid Agung Sumber Dilanjut Tahun Ini

Menurut Imam, konsep tempat parkir teradu tersebut nantinya tidak hanya berupa lapangan saja, melainkan akan dipercantik dengan beberapa ornamen. Selain itu, juga akan dilakukan penataan sehingga tempat parkir terpadu tersebut, bisa menjadi etalase karena berada di pintu masuk ibukota yakni Sumber.

“Gerbang masuknya pun akan dibuat sedemikian rupa, termasuk pencahayaannya juga akan kita buat seindah mungkin, sehingga tempat parkir terpadu tersebut bisa mempunyai banyak fungsi sesuai dengan kebutuhan,” tegasnya.

Ia menambahkan, nantinya tempat parkir terpadu tersebut akan dikolaborasikan dengan instansi lainnya agar bisa menampung UMKM dan lainnya. Sehingga TPT mempunyai manfaat lebih besar untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi.

BACA JUGA: Dishub Kabupaten Cirebon Tolak Uji KIR Kendaraan ODOL

“Tahun ini jadi dibangun dan mudah-mudahan lancar. Nanti akan jadi taman parkir multifungsi dan multi manfaat,” pungkasnya. (Islah)

Comment