by

Raih Dua Penghargaan Bintang Empat, Cirebon Power Dedikasikan TOP CSR Award 2022 untuk Masyarakat

CIREBON Power meraih penghargaan dalam ajang TOP CSR Award 2022 untuk kategori TOP CSR Award 2022 bintang empat. Penghargaan juga diberikan bagi Direktur Utama Cirebon Power Hisahiro Takeuchi yang terpilih sebagai TOP Leader on CSR Commitment 2022. Penghargaan itu diterima pihak Cirebon Power di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Pihak Cirebon Power mendedikasikan penghargaan ini untuk Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formas PL), kelompok masyarakat di sekitar pembangkit di Cirebon.

Di sela menerima penghargaan, Community Development Manager Cirebon Power Hafid Saptandito mengapresiasi semangat Formas PL yang terus mendukung program pemberdayaan dari Cirebon Power. Menurut dia, Cirebon Power bisa meraih penghargaan ini karena ada kolaborasi yang baik dengan kelompok masyarakat sekitar pembangkit di Cirebon.

BACA JUGA: Komisi II: PLTU Belum Beri Manfaat

“Saya mendedikasikan penghargaan ini untuk kelompok masyarakat yang terus menerus belajar dan bekerja sama dengan kami. Ternyata, pandemi tidak menghalangi prestasi bila kita terus semangat berinovasi,” kata Hafid dalam rilis yang diterima Suara Cirebon, Kamis (31/3/2022).

Penghargaan ini terasa semakin spesial, karena selama pandemi banyak aktivitas menjadi terbatas. Tapi dengan tim yang kuat, inovasi terus berjalan, realisasi program pemberdayaan masyarakat bisa dimaksimalkan.

Hafid mengatakan Cirebon Power membuat program pemberdayaan masyarakat yang sejalan dengan regulasi dan fokus pemerintahan. Salah satu program memungkinkan masyarakat memanfaatkan limbah batu bara dari pembangkit listrik yang Cirebon Power kelola. Dengan program itu, Cirebon Power berarti memberi ruang untuk green belt bagi masyarakat.

BACA JUGA: Komisi III Soroti Limbah Proyek PLTU II

“Inisiatif ini tidak hanya mengurangi dampak operasional perusahaan ke lingkungan, tapi juga memberi peluang penghasilan tambahan bagi kelompok warga” ujar Hafid.

Selain itu, Hafid menjelaskan, Cirebon Power membentuk Astana, kelompok peduli terhadap penanganan bencana yang melibatkan masyarakat sekitar. Selama pandemi, keberadaan Astana sangat terasa. Kegiatannya antara lain menyemprotkan disinfektan dan membagikan masker dari kampung ke kampung.

“Relawan Astana pun berperan saat penanganan bencana-bencana di desa mereka selain Covid-19,” papar Hafid.

BACA JUGA: Sumur Artesis di Area PLTU Tahap 2 Diduga Ilegal

Ditambahkan Hafid, TOP CSR Award digelar sejak 2017 oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan beberapa lembaga terkemuka di Indonesia, antara lain Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi CSR Indonesia, Corebest (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), Interdev (Lembaga Konsultan & Pelatihan CSR), LKN (Lembaga Kajian Nawacita), PAKEM (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (PT Sinergi Daya Prima/ Konsultan GCG), SGL Management (Konsultan Manajemen dan Bisnis), Solusi Kinerja Bisnis (SKB), serta asosiasi wartawan CSR Indonesia.

TOP CSR Award selalu diikuti ratusan perusahaan dengan lebih dari 100 perusahaan menjadi finalis, termasuk di antaranya adalah BUMN terkemuka, perbankan, dan perusahaan swasta multi nasional. Tahun ini, TOP CSR Awards mengangkat tema The Resposible Company is a Key Strategy for Sustainable Business Growth.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan kedua yang Cirebon Power terima dari TOP CSR Award. Sebelumnya, pada tahun 2018, Cirebon Power memenangkan kategori Program Peningkatan Pendapatan karena dukungan perusahaan kepada UKM Rumah Terasi dinilai sangat berdampak pada masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Tenaga Kerja Luar di PLTU

Seperti diketahui, Cirebon Power merupakan konsorsium sejumlah korporasi multinasional yang mengoperasikan pembangkit listrik berteknologi supercritical boiler (PLTU) di Cirebon sejak 2012. Saat ini, Cirebon Power sedang menyiapkan pembangkit kedua dengan kapasitas lebih besar dan teknologi lebih canggih yang memungkinkan menghasilkan energi lebih bersih.

Memberdayakan Indonesia adalah semangat Cirebon Power untuk terus berinovasi. Sejak awal berdiri, Cirebon Power dirancang untuk menjadi pelopor solusi energi yang lebih bersih, mendukung pelestarian lingkungan, dan turut meningkatkan kualitas hidup manusia di Indonesia. (Baim/rls)

Comment